EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA
Zunaida Aisha, 4301409073 (2013) EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 JEPARA)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan classroom reflection assessment melalui cooperative learning efektif dalam peningkatan hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2 setelah menganalisis data awal populasi yang hasilnya data berdistribusi normal dan homogenitasnya sama. Kedua kelas mendapatkan cooperative learning, namun hanya kelas eksperimen 1 yang mendapatkan classroom reflection assessment. Uji kesamaan dua varians menunjukkan varians data post test kedua kelas eksperimen sama. Hasil rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 81,14, kelas eksperimen 2 sebesar 76,03. Hasil uji t menunjukkan thitung 2,274 lebih dari tkritis 1,993 untuk derajat kebebasan 73 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Nilai afektif dan psikomotorik siswa kedua kelas eksperimen dalam kategori baik dengan proporsi skor lebih dari X (rata-rata skor keseluruhan siswa). Hasil penelitian menunjukkan Classroom Reflection Assessment melalui Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | classroom reflection assessment; cooperative learning; hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Nov 2013 16:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2013 16:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18675 |
Actions (login required)
View Item |