PENERAPAN AND PICTURE BERBANTUAN SPESIMEN PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG


Dwi Handayani, 4401406600 (2013) PENERAPAN AND PICTURE BERBANTUAN SPESIMEN PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN AND PICTURE BERBANTUAN SPESIMEN PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA TEUKU UMAR ]
Preview
PDF (PENERAPAN AND PICTURE BERBANTUAN SPESIMEN PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA TEUKU UMAR )
Download (145MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung, termasuk pada pembelajaran materi invertebrata. Dengan mengamati langsung spesimen invertebrata diharapkan siswa dapat menggali pengetahuannya sendiri dan mendapatkan contoh nyata keanekaragaman hewan invertebrata melalui media spesimen Invertebrata. Slah satu model pembelajaran yang memanfaatkan media spesimen dan media gambar sebagai sumber belajar adalah model pembelajaran Picture and Picture. Model pembelajaran Picture and Picture merupakan model pembelajaran yang mengutamakan media gambar yang dipasangkan ataupun diurutkan menjadi urutan yang logis. Model pembelajaran Picture and Picture ini juga membutuhkan media spesimen sebagai media pendukung, sehingga siswa dapat membandingkan gambar dengan hewan invertebrata asli dalam bentuk spesimen ( awetan). Dengan model pembelajaran ini diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tuntas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Picture and picture berbantuan spesimen pada materi invertebrata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Teuku Umar Semarang. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian one shoot case study. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X 1 dan X 2 di SMA Teuku Umar Semarang yang ditentukan denga teknik Total Sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran Picture and Picture, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa (nilai LKS dan nilai akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa secara klasikal pada kelas X-1 sebesar 88% dan X-2 sebesar 86%. Hasil belajar kognitif siswa secara klasikal untuk kedua kelas sebesar 86,33% telah memenuhi KKM yang di tentukan, yaitu ≥ 75% siswa tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Data hasil kinerja guru pada kelas X-1 dan X-2 adalah sangat baik, ditunjukan rata-rata kedua kelas sebesar 15. Hasil angket tanggapan siswa untuk rata-rata persentase kedua kelas sebesar 89 dengan kriteria sangat puas. Tanggapan guru menunjukkan bahwa guru tertarik dan setuju menggunakan media LKS dengan model Picture and Picture berbantuan spesimen Invertebrata yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan spesimen pada materi Invertebrata dapat meningkatkan aktivitas siswa secara klasikal sebesar 87% dan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 86,33% di SMA Teuku Umar Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Spesimen, Invertebrata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:17
Last Modified: 19 May 2014 10:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item