UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BAWANG BANJARNEGARA KELAS XI IPA I DENGAN PENDEKATAN PBL(PROJECT-BASED LEARNING) BERBASIS BAHAN SEKITAR


Didi Kurniadi, 4301409060 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BAWANG BANJARNEGARA KELAS XI IPA I DENGAN PENDEKATAN PBL(PROJECT-BASED LEARNING) BERBASIS BAHAN SEKITAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BAWANG BANJARNEGARA KELAS XI IPA I DENGAN PENDEKATAN PBL(PROJECT-BASED LEARNING) BERBASIS BAHAN SEKITAR]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 BAWANG BANJARNEGARA KELAS XI IPA I DENGAN PENDEKATAN PBL(PROJECT-BASED LEARNING) BERBASIS BAHAN SEKITAR) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia di SMA N 1 Bawang Banjarnegara disebabkan oleh proses pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan bagi siswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang memadai, baik dalam ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penggunaan pendekatan Project-Based Learning memberikan kesempatan yang besar untuk siswa dalam memperoleh pengalaman belajar. Pendekatan Project-Based Learning berorientasi pada hasil produk nyata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian dikatakan berhasil jika sekurang-kurangnya 24 dari 30 siswa mendapat nilai lebih dari 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Data penelitian ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus I sebanyak 23 dari 30 siswa tuntas KKM, ranah afektif 23 dari 30 siswa tuntas KKM dan ranah psikomotorik sebesar 27 dari 30 siswa tuntas KKM. Data penelitian ketuntasan hasil belajar ranah kognitif siklus II sebanyak 26 dari 30 siswa tuntas KKM, ranah afektif sebanyak 24 dari 30 siswa tuntas KKM dan ranah psikomotorik sebanyak 26 dari 30 siswa tuntas KKM. Hal ini berarti indikator keberhasilan yang dipatok telah tercapai pada siklus II. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa menerapkan pendekatan Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Project-Based Learning, Pemurnian Garam Dapur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 15:57
Last Modified: 04 Nov 2013 15:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18671

Actions (login required)

View Item View Item