INOVASI RUBRIK PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG


Nila Puspitasari, 4301409052 (2013) INOVASI RUBRIK PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INOVASI RUBRIK PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (INOVASI RUBRIK PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SEMARANG) - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian R&D ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi rubrik performance assessment pada praktikum materi hidrolisis garam. Rubrik dikonsultasikan dan divalidasi oleh ahli, kemudian dilakukan revisi dan dujicobakan untuk kelas kecil. Hasil uji coba di analisis dan direvisi kemudian dilakukan uji pemakaian. Penelitian dilaksanakan di SMA N 7 Semarang, dengan sampel diambil secara purposive sample. Uji skala kecil dilakukan pada 10 siswa dan skala besar dilakukan pada seluruh siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas inovasi rubrik performance assessment oleh para ahli 86,46%. Penggunaan Inovasi rubrik performance assessment pada praktikum hidrolisis garam “uji larutan garam dalam air” telah tercapai kesepahaman antara observer dan siswa dengan harga koefisien generalisabilitas sebesar 0,711 dan 0,744. Dampak dari penggunaan rubrik performance assessment ini adalah hasil belajar kognitif siswa mencapai ketuntasan belajar. Kelas XI IPA 3 terdapat 33 siswa dari 38 siswa memperoleh nilai ≥75, sedangkan kelas XI IPA 4 terdapat 33 siswa dari 37 siswa memperoleh nilai ≥75. Karakter siswa juga dapat dibangun selama kegiatan praktikum, yaitu kedisiplinan, kejujuran, kemandirian, rasa ingin tahu, bertanggungjawab, dan bekerjasama. Berdasarkan penelitian inovasi performance assessment praktikum hidrolisis garam “uji larutan garam dalam air” dapat digunakan sebagai panduan penilaian kinerja (psikomotorik) siswa dan meningkatkan pemahaman konsep serta menumbuhkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hidrolisis Garam; Inovasi; Rubrik Performance Assessment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 15:52
Last Modified: 04 Nov 2013 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item