PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK MELALUI MEDIA MIDI PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 UNGARAN


Kris Hari Septianto, 2501409142 (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK MELALUI MEDIA MIDI PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK MELALUI MEDIA MIDI PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 UNGARAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ANSAMBEL MUSIK MELALUI MEDIA MIDI PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP NEGERI 3 UNGARAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi dan hasil belajar ansambel musik di SMP Negeri 3 Ungaran masih terdapat permasalahan yang disebabkan banyaknya siswa belum mencapai nilai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu nilai 70, sehingga masih tergolong rendah. Guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar ansambel musik siswa, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan media midi sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang akan mengkaji berapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam memainkan ansambel musik dengan dibantu media midi. Subjek yang diteliti adalah semua siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Ungaran sebanyak 33 siswa. Fokus penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Data yang diperoleh berupa prosentase motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket dan nilai hasil belajar ansambel musik dari penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil angket motivasi belajar siklus I pada aspek hadiah 78,79%, interaksi dengan guru 67,05%, dan kondisi saat pembelajaran berlangsung 76,26%. Sedangkan hasil angket motivasi belajar siklus II pada aspek hadiah 81,81%, interaksi dengan guru 71,21%, dan kondisi saat pembelajaran berlangsung 80,43%. Sementara hasil dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 66,9 dan penilaian unjuk kerja pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,18, serta pada siklus II yang meningkat menjadi 79,33. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan media midi mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar ansambel musik. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian ini khususnya kepada guru yaitu untuk meningkatkan hasil pembelajaran dan motivasi belajar seni musik perlu adanya variasi media pembelajaran karena terbukti dalam penelitian ini dengan penggunaan media midi sebagai alat bantu dalam mengajarkan ansambel musik, mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu juga saat ini telah dikembangkan berbagai program musik yang dapat dioperasikan dengan perangkat komputer sehingga guru hendaknya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan aplikasi program musik yang ada untuk meningkatkan kuailitas pembelajaran. Keterbatasan peneliti diharapkan dapat disempurnakan oleh guru untuk melanjutkan penelitian ini sehingga diharapkan seluruh siswa bisa mencapai nilai lebih dari cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, ANSAMBEL MUSIK, MEDIA MIDI
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18663

Actions (login required)

View Item View Item