KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP ASPEK PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK


Wahyu Setiyaningrum, 4101406052 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP ASPEK PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP ASPEK PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP ASPEK PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah apakah model kooperatif tipe NHT efektif terhadap aspek pemahaman konsep peserta didik pada materi kubus dan balok dan apakah aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran NHT termasuk dalam kriteria aktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi kubus dan balok, dan untuk mengetahui apakah aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT termasuk dalam kategori aktif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas VIII F. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui kondisi keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran kooperatif tipe NHT berlangsung. Dari uji normalitas diketahui bahwa sampel berdistribusi normal, sehingga untuk menguji hipotesis dapat digunakan uji t dengan kriteria Ho diterima apabila thitung > ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 4,098 dan ttabel = 1,70, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik. Hal ini didukung dengan adanya kondisi peningkatan aktivitas belajar peserta didik selama belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Saran dari peneliti adalah agar para guru, khususnya mata pelajaran matematika di SMP Negeri 24 Semarang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, melainkan peserta didik. Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Dalam pembelajaran NHT khususnya pada saat pembentukan kelompok para guru diharapkan untuk lebih mengontrol kondisi keaktifan peserta didik di kelas karena hal ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan pembelajaran di dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kooperatif Tipe NHT.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item View Item