BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP/MTs


Bayu Indra Pradana, 4401406550 (2013) BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP/MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP/MTs]
Preview
PDF (BUKU PANDUAN LAPANGAN KEANEKARAGAMAN JENIS HERPETOFAUNA DI KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP/MTs)
Download (44MB) | Preview

Abstract

Keanekaragaman herpetofauna merupakan contoh implementasi dari materi keanekaragaman makhluk hidup yang dapat dipelajari dan ditemukan di lingkungan sekitar siswa, terkait hal tersebut perlu dikembangkan buku yang dapat menunjang siswa mempelajari materi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman herpetofauna di kampus Unnes dan kelayakan buku panduan herpetofauna Unnes yang dikembangkan sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman makhluk hidup. Penelitian keanekaragaman herpetofauna kampus Unnes menggunakan metode VES (Visual Encounter Survey) dan pengembangan buku menggunakan metode Reseach and Development (R&D), Uji coba dilaksanakan di kelas VII 1, 2 dan 8 SMP Teuku Umar Semarang Tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan, ditemukan 22 jenis herpetofauna di kampus Unnes. Penilaian pakar terhadap buku panduan herpetofauna mencapai kelayakan sebesar 94% dan menunjukkan buku yang dikembangkan sangat layak sesuai standar BSNP. Penilaian tersebut didukung dengan tanggapan positif dari siswa dan guru sebesar 92% dan 100%. Hasil belajar dua kelas uji coba menunjukkan 81% dan 79% siswa mencapai KKM yang ditetapkan, dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 77. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan buku keanekaragaman herpetofauna kampus Unnes yang dikembangkan pada materi keanekaragaman makhluk hidup memenuhi kriteria standar BSNP dan layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Herpetofauna, Unnes, keanekaragaman makhluk hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18656

Actions (login required)

View Item View Item