PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI


Vera Widyaningsih, 4401406528 (2013) PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PROSES SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penilaian yang dilakukan guru selama ini menggunakan paper and pencil test khususnya pada materi ekosistem, yang sebaiknya menggunakan jenis penilaian yang lain. Sehingga semua aspek bisa dilihat hasilnya. Portofolio yang selama ini dilakukan adalah guru hanya memberikan nilai pada jawaban pertanyaan dari kegiatan praktikum yang dilakukan. Jadi, selama ini guru belum melakukan penilaian portofolio yang seharusnya. Oleh karena itu, rubrik penilaian portofolio perlu dibuat dan diharapkan guru dapat menilai peserta didik lebih akurat dan lebih lengkap didasarkan pada bukti (dokumen) yang dipunyai oleh masing-masing siswa. Tujuannya supaya guru dapat memantau perkembangan siswa dan menghargai mereka sebagai individu dengan keunikan masing-masing. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D), meliputi tahapan, 1) analisis awal untuk mengidentifikasi potensi dan masalah di SMPN 1 Wedarijaksa, 2) membuat rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem yang telah divalidasi menggunakan instrumen validasi pakar untuk menilai portofolio siswa, 3) uji coba pemakaian menggunakan rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem. Subyek penelitian dari 224 siswa sebagai populasi diambil 135 siswa sebagai sampel, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIIG. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, menggunakan One Shot Case Study design. Data penelitian berupa kelayakan rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem, nilai portofolio, tanggapan siswa dan guru, dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian berupa rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem yang terdiri atas daftar isi, identitas pemilik portofolio, lembar penilaian tugas portofolio, rubrik kegiatan praktikum. Rata-rata penilaian pakar terhadap rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem di SMPN 1 Wedarijakasa adalah 99,07% (sangat layak). Rata-rata nilai portofolio kelas VIIC pada uji coba awal adalah 73,47. Rata-rata portofolio kelas VIIA, VIIB, dan VIIG pada uji coba pemakaian adalah 75,56 ; 76,17 dan 76,51. Hasil uji ANAVA menunjukkan tidak terdapat perbedaan secara signifikan rata-rata nilai portofolio antara kelas VIIA, VIIB dan VIIG (nilai Sig.0,182 > 0,05). Berarti rubrik penilaian portofolio proses sains tersebut ajeg. Tanggapan siswa dan guru terhadap rubrik penilaian portofolio proses sains siswa materi ekosistem sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan rubrik penilaian portofolio proses sains siswa yang layak digunakan pada materi ekosistem di SMPN 1 Wedarijaksa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem, proses sains, rubrik penilaian portofolio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18655

Actions (login required)

View Item View Item