KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANGGUNGHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010.


Syukron Romadloni, 4101406022 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANGGUNGHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANGGUNGHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010.]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANGGUNGHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada aspek kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran RME dengan pendekatan problem posing telah mencapai kriteria ketuntasan minimum dan model pembelajaran RME dengan pendekatan problem posing lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori pada materi balok kelas VIII SMPN 2 Tanggungharjo. Penelitian ini dilakukan pada 2 kelas sampel yang dipilih secara random cluster dengan kelas ekseperimen dengan model pembelajaran RME dengan pendekatan problem posing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memperoleh model pembelajaran RME dengan pendekatan problem posing lebih baik daripada hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memperoleh model pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan uji kesamaan dua proporsi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pemecahan masalah, balok, RME, problem posing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item