EFEKTIVITAS STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN


Nur Liya Khasanah, 4401406084 (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru IPA di SMP Muhammadiyah Suruh Kab. Semarang diketahui bahwa nilai ulangan materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan 2 tahun terakhir rata-rata kelas dan ketuntasan belajarnya rendah, dikarenakan pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan media charta. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas strategi question student have dan media powerpoint pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pretest and posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 3 kelas. Penentuan sampel dengan cluster random sampling. Siswa kelas VIIIA sebagai eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan strategi QSH dan powerpoint sedangkan kelas kontrol menggunakan ceramah dan diskusi dengan charta. Data berupa nilai pretest, aktivitas dan hasil belajar siswa, diperoleh dengan metode test dan observasi. Nilai pretest dan hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t. Aktivitas siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa rata-rata persentase jumlah siswa aktif dan sangat aktif kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. Hasil uji t hasil belajar siswa menunjukkan thitung 2,38 lebih tinggi daripada ttabel 2,30, artinya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kontrol. Ketuntasan belajar kelas eksperimen 90,9% lebih tinggi daripada kontrol 81,3%. Simpulan penelitian ini adalah strategi Question Student Have dan media powerpoint efektif diterapkan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Powerpoint; question student have (QSH); struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:50
Last Modified: 19 May 2014 10:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18652

Actions (login required)

View Item View Item