KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI KOTA MAGELANG
Rahayu Ningsih, 4401406080 (2013) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI KOTA MAGELANG)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kompetensi guru adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerja secara tepat dan efektif. Menurut Suyanto (2013) kompetensi ini mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodelogi keilmuannya. Aspek yang dinilai dari kompetensi profesional dalam penelitian ini meliputi pengembangan silabus, RPP, dan ketrampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif. Penelitian eksploratif merupakan salah satu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti sesuatu yang belum diketahui, belum dipahami, belum dikenali dengan baik, untuk menggambarkan fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau masa lampau, baik individu maupun kelompok. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesional guru biologi pada pembelajaran proses sains di SMA Negeri Kota Magelang. Guru Biologi yang mengajar di SMA Negeri Kota Magelang mempunyai kompetensi profesional pada pengembangan silabus sesuai BSNP, dengan kriteria nilai rata-rata tinggi pada aspek: penyusunan komponen silabus 100%, mengidentifikasi materi pokok pembelajaran 88,7%, mengembangkan kegiatan pembelajaran 61,6%, merumuskan indikator 66%, menentukan jenis penilaian 66,7%, dan menentukan sumber belajar 73,2%, namun mempunyai kemampuan sedang untuk penyusunan format dan sistematika silabus 60%, tetapi tidak mempunyai ketrampilan untuk menentukan alokasi waktu 0%. Guru Biologi yang mengajar di SMA Negeri Kota Magelang mempunyai kompetensi profesional pada pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dengan kriteria nilai rata-rata sangat tinggi/tinggi pada aspek: ketrampilan penyusunan komponen RPP 100%, identitas mata pelajaran 100%, indikator kompetensi 66%, materi pembelajaran 64,2%, metode pembelajaran 61,6%, penilaian hasil belajar 64%, dan memiliki kriteri nilai sedang untuk ketrampilan menentukan alokasi waktu 46,2%. Guru Biologi yang mengajar di SMA Negeri Kota Magelang mempunyai kompetensi profesional pada pembelajaran proses sains dengan kriteria rata-rata tinggi pada ketrampilan: klasifikasi 75,2%, meramalkan 73%, berkomunikasi 66%, menerapkan konsep 63,8%, mengajukan pertanyaan 63,8%, dan memiliki kriteria nilai sedang untuk ketrampilan menyusun hipotesis 59,4%, namun tidak memiliki ketrampilan pada aspek merencanakan percobaan 0%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi profesional, proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 22794 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 10:52 |
Last Modified: | 19 May 2014 10:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18651 |
Actions (login required)
View Item |