PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OBSERVASI PADA TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS DI SD N 1 TINJOMOYO


Muhammad Mustofa, 4401406067 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OBSERVASI PADA TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS DI SD N 1 TINJOMOYO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OBSERVASI PADA TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS DI SD N 1 TINJOMOYO]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OBSERVASI PADA TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS DI SD N 1 TINJOMOYO)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Taman sekolah dapat berperan sebagai sumber belajar, namun belum terdapat suatu bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa yang dapat mengakomodasi pemanfaatannya sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis observasi pada taman sekolah sebagai sumber belajar sains di SD. Penelitian dilaksanakan di SD N 1 Tinjomoyo Semarang, pada dua kelas (IVA & IVB). Rancangan penelitian yang digunakan adalah R&D, dengan penekanan pada proses penilaian kelayakan LKS serta uji coba LKS pada proses pembelajaran. LKS dikatakan layak, apabila memenuhi standar kriteria kelayakan desain dan materi yaitu ≥ 62,25%, keaktifan siswa ≥ 50%, serta ≥ 75% siswa telah mencapai nilai ketuntasan sebesar ≥ 6.0. Hasil penelitian menunjukkan penilaian kelayakan LKS oleh pakar materi sebesar 90% (sangat layak), pakar desain sebesar 96% (sangat layak), dan guru sebesar 93,18% (sangat layak). Hasil pengujian LKS pada kelas skala kecil (kelas IVB) menunjukkan: rerata aktivitas siswa sebesar 94,6 %, siswa tuntas belajar sebanyak 90%, dengan rerata nilai sebesar 7,08. Selanjutnya pengujian pada kelas skala besar (kelas IVA) menunjukkan peningkatan, yaitu: rerata aktivitas siswa sebesar 100 %, siswa tuntas belajar sebanyak 92,11%, dengan rerata nilai sebesar 7,84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis observasi taman sekolah, layak untuk digunakan sebagai bahan ajar sains di SD N 1 Tinjomoyo Semarang. Saran dari penelitian ini, antara lain: perlunya penyuluhan kepada guru tentang LKS yang baik, pemanfaatan dan pengelolaan taman sekolah sebagai sumber belajar bagi sekolah yang memilikinya, penggunaan taman umum sebagai sumber belajar bagi sekolah yang tidak memiliki taman sekolah, serta penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai lingkungan (taman, kebun binatang, museum, kebun raya, dan lain-lain) sebagai sumber belajar. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Taman sekolah, Research

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Taman sekolah, Research and Development (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:52
Last Modified: 19 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item