PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN STOP MOTION ANIMATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP 2 BUKATEJA


Dani Salisatul Asyhar, 4401406041 (2013) PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN STOP MOTION ANIMATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP 2 BUKATEJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN STOP MOTION ANIMATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP 2 BUKATEJA]
Preview
PDF (PENGGUNAAN COMPACT DISC (CD) PEMBELAJARAN STOP MOTION ANIMATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP 2 BUKATEJA)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu peserta didik untuk mencapai indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah video pembelajaran yang dikembangkan dengan teknik stop motion animation. Melalui video pembelajaran ini, memungkinkan peserta didik memperoleh pembelajaran materi gerak pada tumbuhan yang tidak lagi bersifat abstrak karena melalui media pembelajaran ini peserta didik memperoleh konsep materi gerak tumbuhan tidak lagi hanya sebatas teori, namun juga dapat mengetahui bagaimana kenyataan yang ada di lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan serta efektivitas video pembelajaran yang dikembangkan dengan teknik stop motion animation. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan, atau yang biasa dikenal dengan Research and Development (R & D). Uji coba video pembelajaran dilaksanakan di kelas VIII E dan VIII H SMP Negeri 2 Bukateja. Variabel yang diteliti yaitu kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang divalidasi oleh pakar, tanggapan guru dan peserta didik mengenai media pembelajaran serta hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi gerak tumbuhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penilaian pakar terhadap media pembelajaran dalam bentuk compact disc (CD) pembelajaran stop motion animation sebesar 93.52% dengan kriteria valid. Hasil belajar peserta didik di kelas VIII E memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%, sedangkan kelas VIII H sebesar 91.30%. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran untuk kelas VIII E memperoleh persentase rata-rata sebesar 85.83%, sedangkan untuk kelas VIII H sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dirumuskan simpulan bahwa compact disc (CD) pembelajaran stop motion animation yang dikembangkan memenuhi standar penialaian media pembelajaran menurut BSNP dan layak serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran materi gerak tumbuhan di kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Compact Disc Pembelajaran, Stop Motion Animation, Media Pembelajaran, Gerak Tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:52
Last Modified: 19 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item