PENERAPAN PROBLEM POSING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP 1 WELERI KABUPATEN KENDAL


Zulfikar Ali Akbar Baladraf, 4401406013 (2013) PENERAPAN PROBLEM POSING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP 1 WELERI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PROBLEM POSING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP 1 WELERI KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PENERAPAN PROBLEM POSING BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN DI SMP 1 WELERI KABUPATEN KENDAL)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran Biologi sering kali siswa merasa kesulitan memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran Biologi. Hal ini terjadi karena sampai saat ini masih banyak guru menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Problem Posing adalah perumusan masalah (soal), dimana siswa diarahkan untuk membuat soalnya sendiri. Problem Posing ini merupakan pendekatan pembelajaran yang melatih peserta didik untuk aktif belajar dan menekankan untuk merumuskan permasalahan berdasarkan informasi yang telah diberikan serta sekaligus menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan dipadukannya pembelajaran Problem Posing berbasis Cooperative Learning diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Problem Posing berbasis Cooperative Learning terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi sistem pernapasan di SMP 1 Weleri. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan desain penelitian Posttest-only Control Grup Design using Matched Subject. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP 1 Weleri dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII F dan VIII G yang diambil menggunakan teknik Purposif Sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran Problem Posing berbasis Cooperative Learning, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar dan minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai hasil belajar siswa pada kelas VIII-F sebesar 62,6 dan VIII-G sebesar 54,3. Setelah dilakukan pengujian dengan t-test dapat diketahui bahwa perbedaan pada kedua kelas tersebut berbeda secara signifikan. Minat siswa yang teramati menggunakan lembar observasi dan kuesioner menunjukkan bahwa siswa kelas VIII F memiliki taraf minat lebih tinggi dibandingkan pada kelas VIII G. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Problem Posing berbasis Cooperative Learning pada materi sistem pernapasan berpengaruh pada hasil belajar dan minat siswa di SMP 1 Weleri Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, materi sistem pernapasan, Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:52
Last Modified: 19 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item