ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN DEMAK


Asief Awwaluddin, 4401405596 (2012) ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (ANALISIS KESIAPAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN DEMAK)
Download (15MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran biologi, guru dituntut mampu mengelola pembelajaran secara maksimal dan dapat mengembangkan kegiatan belajar mengajar tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di laboratorium, misalnya melalui kegiatan praktikum. Praktikum dapat membangkitkan motivasi belajar IPA, dapat mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen, menjadi wahana belajar pendekatan ilmiah dan menunjang materi pelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesiapan laboratorium dalam mendukung pembelajaran biologi SMA Negeri di Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium biologi SMA Negeri di Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Demak. Sampel penelitian adalah SMAN 1 Mijen dan SMAN 1 Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Fokus penelitian ini yaitu kesiapan laboratorium biologi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi yang meliputi dua indikator yaitu standarisasi laboratorium IPA dan kegiatan di laboratorium. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan dengan metode angket yang diberikan kepada guru dan siswa, observasi laboratorium dan kinerja siswa, serta lembar wawancara. Penelitian terhadap standarisasi laboratorium dan kegiatan laboratorium di SMA Negeri di Kabupaten Demak berturut-turut menghasilkan skor 72% dan 65%. Keduanya termasuk ke dalam kategori cukup siap. Secara umum kesiapan laboratorium SMA Negeri di Kabupaten Demak yang mencakup standarisasi laboratorium dan kegiatan laboratorium mencapai skor 68%. Hal ini berarti laboratorium di SMA Negeri di Kabupaten Demak termasuk dalam kategori cukup siap dalam mendukung pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa laboratorium biologi SMA Negeri 1 Mijen dan SMA Negeri 1 Karanganyar di Kabupaten Demak telah cukup siap dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran biologi. Peneliti menyarankan laboratorium biologi dan penyusunan petunjuk praktikum biologi SMA Negeri di Kabupaten Demak lebih ditingkatkan sesuai dengan Standarisasi Laboratorium IPA dan Kegiatan di Laboratorium agar pembelajaran biologi terutama praktikum dapat berjalan dengan lancar dan efektif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium biologi SMA, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:56
Last Modified: 19 May 2014 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18642

Actions (login required)

View Item View Item