Minat dan peluang berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Ahmad Yasin, 5301408048 (2013) Minat dan peluang berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Minat dan peluang berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.)
Download (3910Kb)

    Abstract

    Pembangunan sumber daya manusia perlu dilaksanakan secara menyeluruh, terarah, dan terpadu di berbagai bidang. Minat berwirausaha akan menjadikan seseorang untuk lebih giat mencari dan memanfaatkan peluang usaha dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Minat tidak dibawa sejak lahir tetapi tumbuh dan berkembang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang diperoleh selama kuliah merupakan modal dasar yang dapat digunakan untuk berwirausaha. Pengetahuan, keterampilan serta kemampuan kerja yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro dapat mendorong akan tumbuhnya minat untuk berwirausaha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Seberapa tinggi minat dan peluang berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang angkatan 2008 dan 2009 dengan jumlah 191 mahasiswa. Sampel diambil secara proportional random sampling dan dari populasi sebanyak 191 mahasiswa diambil 20-25% atau 38 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini yaitu minat dan peluang berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Data diambil melalui metode angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptis persentase. Hasil penelitan menunjukan bahwa tingkat minat berwirausaha mahasiswa sebesar 76% dan peluang berwirausaha 63% termasuk dalam kategori tinggi. Ditinjau dari minat berwirausaha masing-masing mahasiswa diketahui ada 21%, memiliki minat berwirausaha sangat tinggi, 76% memiliki minat berwirausaha tinggi, 3% memiliki minat berwirausaha rendah sedangkan ditinjau dari peluang berwirausaha 11% memiliki peluang berwirausaha sangat tinggi, 63% memiliki tingkat peluang berwirausaha tinggi, 26% memiliki peluang berwirausaha rendah, 8% memiliki peluang berwirausaha sangat rendah. Mengacu dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat mengajukan simpulan yaitu minat dan peluang berwirausaha mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang termasuk tinggi yaitu minat berwirausaha sebesar 76% dan peluang berwirausaha sebesar 63%. Adapun saran yang dapat penulis diajukan yaitu kepada pihak lembaga khususnya Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yaitu untuk meningkatan kualitas pengajaran khususnya pada mata kuliah praktek, dan dapat menyediakan fasilitas (sarana dan prasarana) yang mendukung wirausaha.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: minat, peluang, wirausaha teknik elektro
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 06:11
    Last Modified: 19 May 2014 06:11

    Actions (login required)

    View Item