MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 4 SEMARANG


Frenky Octanio M, 5301408042 (2013) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 4 SEMARANG]
Preview
PDF (MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 4 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peran penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Selain peningkatan pemahaman dan kesiapan pendidik terhadap pelaksanaan kurikulum yang berlaku, penggunaan metode yang tepat serta optimal merupakan jalan yang dapat membawa perubahan pembelajaran yang lebih baik. Penggunaan media pembelajaran yang berupa multimedia dalam proses belajar diharapkan siswa akan lebih tertarik perhatiaanya dalam mengikuti pelajaran, karena pada dasarnya konsep dari media pembelajaran adalah bagaimana membuat siswa merasa nyaman, tertarik, dan berinteraktif dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran elektronik berbasis animasi untuk mata pelajaran Dasar Elektronika program keahlian Teknik Audio Video pada SMK Negeri 4 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan teknik pengumpulan data Angket dan Observasi yang digunakan untuk mengetahui apakah media pembelajaran layak digunakan sebagai sarana pendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar elektronika program keahlian Teknik Audio Video pada SMK Negeri 4 Semarang. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Uji coba yang telah dilakukan kepada dosen ahli media didapatkan prosentase keseluruhan 92.59% dengan rincian kriteria pendidikan 90.27%, kriteria tampilan program 91.67%, dan kriteria kualitas teknis 95.83%, menurut guru didapatkan prosentase keseluruhan 86.36% dengan rincian kriteria pendidikan 91.67%, kriteria tampilan program 84.09%, dan kriteria kualitas teknis 83.33%. Hasil observasi siswa keseluruhan didapatkan 86.04% dengan rincian tanggapan siswa didapatkan 85.97%, dan sikap siswa didapatkan 86.11%. Hasil perbandingan nilai rata-rata didapatkan pembelajaran tanpa media 73.83 % dan dengan menggunakan media 79.80 %. Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh para validator yang terdiri dari dosen ahli media dan guru. Dosen ahli media maupun guru menilai bahwa kelayakan media pembelajaran ini terletak pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran mata pelajaran dasar elektronika kejuruan teknik audio video pada SMK Negeri 4 Semarang. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMK Negeri 4 Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMK Negeri 4 Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:56
Last Modified: 19 May 2014 10:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18637

Actions (login required)

View Item View Item