MUSIK BARONGAN KELOMPOK TRESNA BUDAYA DALAM TRADISI RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS


Ila Kholifatin Nisa, 2501409031 (2013) MUSIK BARONGAN KELOMPOK TRESNA BUDAYA DALAM TRADISI RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MUSIK BARONGAN KELOMPOK TRESNA BUDAYA DALAM TRADISI RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (MUSIK BARONGAN KELOMPOK TRESNA BUDAYA DALAM TRADISI RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Barongan adalah gabungan dari kesenian tari dan musik, wujud barongannya terbentuk kepala dan badan. Kepalanya terbuat dari kayu, dan badannya terbuat dari kain loreng-loreng macan, sukmanya ialah manusia. Biasanya barongan ditampilkan dalam ruwatan dan acara-acara lainya. Hal ini bisa dibuktikan bahwa setiap kali ada acara khusus seperti ruwatan, dan acara-acara desa, kesenian tradisional Barongan dipentaskan. Barongan merupakan bagian dari upacara ritual yang biasanya disebut dengan Ruwatan di Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Permasalahan yang diangkat tentang musik iringan barongan agar musik tradisioanal khususnya gamelan,tidak punah atau tergeser oleh musik modern karena masyarakat sekarang ini sudah banyak yang terpengaruh oleh musik modern, dan fungsi Kesenian Barongan untuk melestarikan kesenian tradisional yang ada di Desa Pasuruhan Lor agar tidak hilang dan bisa turun temurun pada masyarakat Desa Pasuruhan Lor, serta agar dapat dikenal dikalangan pemuda jaman sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai salah satu kesenian tradisional, Barongan mempunyai bentuk penyajian gabungan antara seni musik dan tari, perkembangan kesenian Barongan meliputi alat musik, kostum dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat, iringan musik kesenian Barongan terdiri dari demung, saron, ketuk, bonang, kempul, gong, kendang, dan slompet. Berdasarkan dokumen hasil observasi, gendhing yang digunakan untuk mendukung pertunjukan Barongan terdiri dari bentuk gendhing lancaran, ketawang, srepeg, gangsaran dan sampak. Selain itu terdapat juga iringan yang tidak memiliki bentuk sesuai dengan gendhingnya yang baku. Bagi masyarakat Desa Pasuruhan Lor, Barongan mempunyai fungi Ritual, hiburan, ekonomi dan integritas sosial. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut Diadakan pelatihan kesenian Barongan agar kesenian Barongan tetap hidup dan terus berkembang, Diadakan pelatihan membaca not gamelan agar musiknya jelas dan tidak terlihat asal-asalan untuk cara memainkan alat musiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Musik Barongan
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 10:57
Last Modified: 19 May 2014 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item