EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA 1 BAE KUDUS


Sri Romlah, 4301409026 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA 1 BAE KUDUS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA 1 BAE KUDUS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong terjadinya pembaharuan dalam berbagai bidang pendidikan. Dalam KTSP pembelajaran pada kelompok materi pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan untuk mengembangkan logika, kemampuan berpikir, dan analisis siswa. Hal ini berarti siswa tidak lagi sebagai penerima informasi yang pasif, melainkan menjadi siswa yang selalu aktif dan kreatif. Di SMA 1 Bae Kudus, pembelajaran kurang bervariasi dan hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif berbasis kasus bervisi SETS terhadap hasil belajar pada pencapaian kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa SMA 1 Bae Kudus. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA 1 Bae Kudus tahun pelajaran 2012/2013. Desain yang digunakan dalam penelitian ini the nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis kasus bervisi SETS dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis non kasus bervisi SETS. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil post test kelas eksperimen 89, siswa yang tuntas sebesar 32 dari 36 siswa. Peningkatan belajar kognitif berturut-turut sebesar 0,83 dan 0,73 yang termasuk dalam kategori tinggi. Rata-rata hasil post test kelas kontrol 82, siswa yang tuntas sebesar 28 dari 34 siswa. Rata-rata skor psikomotorik (diskusi) kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 27 dan 24. Rata-rata skor psikomotorik (praktikum) kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 40 dan 36. Sedangkan skor afektif kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 40 dan 37. Hal ini berarti hasil belajar kognitif, psikomotorik, dan afektif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif berbasis kasus bervisi SETS efektif terhadap hasil belajar pada kompetensi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa SMA 1 Bae Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Berbasis Kasus; Pembelajaran Kooperatif; Visi SETS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:09
Last Modified: 04 Nov 2013 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18632

Actions (login required)

View Item View Item