KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS KELAS XI SMAN 1 KAYEN PATI


Hanik Mundirotun, 4301409024 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS KELAS XI SMAN 1 KAYEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS KELAS XI SMAN 1 KAYEN PATI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN (PDEODE) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMAHAMAN KONSEP MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS KELAS XI SMAN 1 KAYEN PATI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE) untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 1 Kayen Pati pada pemahaman konseptual materi buffer dan hidrolisis garam. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 189 yang terbagi dalam 5 kelas. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan menghasikan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitiannya pada kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran PDEODE sedangkan pada kelas kontrol dengan konvensional. Teknik pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda beralasan, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,84% untuk kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol ketuntasan belajar klasikal 57,89%. Hasil analisis derajat miskonsepsi siswa diperoleh kelas eksperimen mengalami pereduksian miskonsepsi sebesar 39% dan kelas kontrol sebesar 28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PDEODE efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada pemahaman konseptual materi buffer dan hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan; Konseptual; PDEODE; Miskonsepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:03
Last Modified: 04 Nov 2013 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item