UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA MELALUI PELATIHAN SOLFEGIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Rizki Mei Dwi Putri, 2501409023 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA MELALUI PELATIHAN SOLFEGIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA MELALUI PELATIHAN SOLFEGIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA MELALUI PELATIHAN SOLFEGIO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGKAH KABUPATEN TEGAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernyanyi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Oleh karena itu, dengan diterapkan pelatihan solfegio sebagai metode pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dalam paduan suara.Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan diterapkan pelatihan solfegio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peningkatan kemampuan bernyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dengan menerapkan pelatihan solfegio pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi ke dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel proses dan variabel output. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik penilaian. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan solfegio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Berdasarkan hasil penilaian siklus 1 hanya 55% siswa yang mencapai kategori nilai baik dan sangat baik (>70) kemudian meningkat pada hasil penilaian siklus 2dapat mencapai indikator keberhasilan yakni sebanyak 80% siswa sudah mencapai nilai dengan kategori baik dan sangat baik (>70). Perilaku siswa juga mengalami perubahan yang positif. Siswa yang sebelumnya kurang bersemangat, kurang antusias, dan kurang aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler paduan suara menjadi lebih antusias, tertarik, bersemangat, dan lebih aktif selama proses pembelajaran melalui pelatihan solfegio. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar pelatihan solfegio dapat diterapkan dalam pembelajaran paduan suara oleh guru/pelatih ekstrakurikuler paduan suara baik di sekolah ini maupun di sekolah lain, rutinitas latihan paduan suara harus dilakukan secara teratur, dan sekolah hendaknya menyediakan ruangan khusus (ruang musik) untuk menunjang segala kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan bermusik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bernyanyi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:18
Last Modified: 19 May 2014 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item View Item