NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA


Rudianto , 2102403002 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA] PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM SERAT CEMPORET KARYA R. NG. RANGGAWARSITA) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Karya sastra Serat Cemporet menghadirkan binatang sebagai bagian dari tokoh cerita. Namun bukan berarti bahwa Serat Cemporet adalah cerita binatang atau yang sering disebut fabel pada umumnya. Kemunculan tokoh binatang yang diceritakan sebagai wujud deformasi atau penjelmaan dari tokoh manusia. Terdapat empat tokoh binatang, yaitu burung menco, banteng, anjing, kera, dan anjing. Dari ke empat tokoh binatang tersebut, memainkan peran yang berbeda satu sama lainnya. Tokoh merupakan pelaku yang mengemban peristiwa yang dikisahkan, yang kemudian dapat ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diekspresikan dalam ucapan dan perbuatan. Melalui tokoh-tokoh binatang, karya sastra akan lebih menarik dan menyenangkan untuk di baca. Sehingga tujuan karya sastra yang dapat memberikan manfaat berupa penyampaian gagasan, pandangan hidup, tanggapan atas kehidupan sekitar dan sebagainya dapat tersampaikan kepada pembaca. Baik secara tersirat maupun tersurat, dari kedirian atau sisi kehidupan tokoh dapat diambil nilai-nilai kehidupan yang menyaran pada penanaman budi pekerti dan moral pada pembaca. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dimunculkan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran tokoh-tokoh binatang dalam Serat Cemporet pada dunia pendidikan? 2) Nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam Serat Cemporet melalui peran tokoh binatang? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peran tokoh-tokoh binatang dalam Serat Cemporet pada dunia pendidikan dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Serat Cemporet melalui peran tokoh binatang. Manfaat penelitian ini bagi pembaca yaitu memberikan gambaran tentang peran tokoh binatang dalam Serat Cemporet pada dunia pendidikan dan memberikan informasi yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan dalam Serat Cemporet melalui peran tokoh binatang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalisme naratif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan objektif, yang menitik beratkan pada teks sastra sebagai objek penelitian. Teori struktural naratif digunakan untuk mengetahui jalinan peristiwa dan hubungan sebab akibat yang terkandung di dalamnya. Langkah awal dalam penelitian ini adalah mencari insiden-insiden yang terdapat dalam cerita, yang menyaran pada tokoh binatang. Sehingga dapat diketahui peristiwa yang berupa tindakan dan kejadian yang diemban oleh tokoh binatang, dan wujud atau eksistensinya yang berupa watak dan latar dari tokoh binatang. Data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Dengan cara mendeskripsikan data dapat ditemukan peran tokoh-tokoh binatang dalam Serat Cemporet pada dunia pendidikan dan nilai-nilai pendidikan melalui peran tokoh binatang yang terdapat dalam Serat Cemporet. Hasil dari penelitian ini mengungkap peran tokoh-tokoh binatang dalam Serat Cemporet pada dunia pendidikan, menyaran kedudukan dan fungsinya sebagai tokoh pembawa ajaran budi pekerti luhur. Serta mengungkap nilai-nilai pendidikan melalui peran tokoh binatang. Dalam penelitian ini, ditemukan nilai-nilai pendidikan yang berupa nilai pendidikan religius yang terdiri dari percaya akan takdir, ungkapan rasa syukur, dan sikap kepasrahan; nilai pendidikan etika yang terdiri dari tutur kata, dan sopan santun atau tata krama; nilai pendidikan sosial yang terdiri dari tolong menolong, kasih sayang, kesetiaan, dan kesetiakawanan; nilai pendidikan moral yang terdiri dari sikap sabar, menepati janji, rela berkorban, rendah hati, dan tidak mudah putus asa. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan yaitu pembaca diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai pendidikan melalui peran tokoh binatang yang terdapat dalam Serat Cemporet dalam kehidupan sehari-hari. Teks Serat Cemporet, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan ajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Binatang, dan Nilai-nilai Pendidikan melalui Peran Tokoh Binatang dalam Serat Cemporet.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:49
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item View Item