EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMK NEGERI JUMO TEMANGGUNG
Titis Kunthi Manggar Sakti, 2302909022 (2013) EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMK NEGERI JUMO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMK NEGERI JUMO TEMANGGUNG)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam memperoleh ketrampilan berbahasa, biasanya melaluiurutan yang teratur, yaitu mula-mula kita belajar menyimak, kemudian berbicara, sesudah itu kita belajar membaca dan menulis Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan atau menyampaikan gagasan, dan perasaan. Dengan demikian berbicara ( kaiwa ) mempunyai peranan yang sangat penting karena siswayang mempelajari bahasa Jepang dituntut untuk dapat berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Role Playingdalam meningkatkan kemampuan berbicara (kaiwa), latar belakang dari penelitian ini dikarenakan siswa sering merasa kesulitan dalam kaiwa Bahasa Jepang.Mereka merasa bingung pada saat mengucapkankosakata kaiwa yang telah mereka pelajari. Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri JumoTemanggung tahun ajaran 2012/2013 sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri JumoTemanggung..Instrument untuk mengambil data berupa test lisan, yaitu post test dan pre test, teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest.Hasil penelitian menggunakan metode role playing. Test disusun sesuai materi multimedia yang diajarkan pada siswa kelas XI berdasarkan buku sakura bab 4,10,14 dan 15. Isi dalam test sudah divalidasi oleh pemimbing dan guru kelas dinyatakan sesuai dengan materi dari buku tersebut. Kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa memperoleh nilai pretest minimum 55, nilai maksimum 93 dan nilai rata-rata 74. Sedangkan kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa memperoleh untuk nilai pretest minimum 27, nilai maksimum 81 dan nilai rata-rata 54. pada kelas eksperimen untuk hasil nilai posttest mendapatkan nilai minimum 73, nilai maksimum 100 dan nilai rata-rata 87. Untuk kelas kontrol mendapatkan nilai minimum 51, nilai maksimum 81 dan nilai rata-rata 66. Berdasarkan semua hasil tersebut peneliti menyimpulkan ; 1) Metode Role playing efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri Jumo Temanggung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :Efektivitas, role playing, Berbicara dasar |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 14:18 |
Last Modified: | 19 May 2014 14:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18618 |
Actions (login required)
View Item |