PENGARUH PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG


Vina Ganda Puspita, 2302909019 (2013) PENGARUH PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN TEORI OPERANT CONDITIONING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teori Operant Conditioning Burrhus Frederick Skinner merupakan suatu situasi belajar dimana suatu respon dibuat lebih kuat dalam memberikan ganjaran (reinforcement) langsung. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan teori operant conditioning B.F Skinner terhadap motivasi dan prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teori operant conditioning B.F. Skinner terhadap motivasi dan prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (XA-XH) SMAN 1 Kaliwungu. Peneliti menggunakan semua siswa kelas XB SMAN 1 Kaliwungu sebanyak 36 siswa. Variabel penelitian meliputi Pelaksanaan Teori Operant Conditioning B.F. Skinner sebagai variabel bebas (X) dan variabel motivasi dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Presentase dan Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui nilai sig. Output penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap motivasi belajar (Y1) sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dengan nilai thitung (10,174) Output penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap motivasi belajar (Y1) lebih besar dibandingkan ttabel (1,307) sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap motivasi belajar (Y1) pada siswa kelas XB SMA Negeri 1 Kaliwungu secara parsial (Ha diterima). Nilai sig. Output penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap prestrasi belajar (Y2) sebesar 0,001 (lebih kecil dari 0,05) dengan nilai thitung (3,558) Output penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap prestasi belajar (Y1) lebih besar dibandingkan ttabel (1,307) sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan teori B.F Skinner (X) terhadap prestasi belajar (Y2) pada siswa kelas XB SMA Negeri 1 Kaliwungu secara parsial (Ha diterima). Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan teori operant conditioning B.F Skinner berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar bahasa Jepang dan penerapan teori operant conditioning B.F Skinner berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu. Adapun saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian bahwa guru hendaknya berusaha meningkatkan kedua indikator tersebut dengan memberikan penjelasan mengenai pentingnya belajar bahasa Jepang dan manfaat yang dapat diambil terkait dengan masa depan atau karier jika siswa dapat menguasai belajar Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teori Operant Conditioning, Motivasi, Prestasi belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 14:18
Last Modified: 19 May 2014 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18613

Actions (login required)

View Item View Item