MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KELAS X (TITL) SMK N 1 SEMARANG


Taufiqurrokhman, 5301408021 (2013) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KELAS X (TITL) SMK N 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KELAS X (TITL) SMK N 1 SEMARANG]
Preview
PDF (MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MEMASANG INSTALASI LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK KELAS X (TITL) SMK N 1 SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses belajar mengajar, dimana proses belajar tidak lagi hanya mendengarkan uraian materi dari guru yang terkesan membosankan tetapi materi bahan ajar dapat divisualisasikan dalam bebagai format, bentuk lebih dinamis dan interaktif sehingga murid akan lebih termotivasi dan dapat menimbulkan minat untuk terlibat dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran memasang instalasi listrik bangunan sederhana yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah guru ternyata kurang bisa memvisualisasikan materi pembelajaran tersebut dan membuat siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu dibuat suatu model pembelajaran interaktif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Fokus penelitian ini adalah pembuatan program media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan perangkat lunak (software)Macromedia Flas Profesional 8 pada materi memasang instalasi listrik bangunan sederhana kelas X (TITL) di SMK N 1 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan angket kepada 5 orang pakar ahli media, 3 orang guru ahli materi, dan 30 orang siswa yang dijadikan sebagai responden atau objek penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis statistik deskripstif. Hasil penilaian dari pakar dan guru sebanyak 76,64% dengan pembagian penilaian variabel interaktif (76,52%), penilaian variabel kemenarikan (73,79%), dan penilaian kriteria pendidikan (79,63%). Sedangkan dari siswa mendapatkan penilaian sebanyak 74,53% dengan pembagian penilaian variabel interaktif (76,32%) dan penilaian variabel kemenarikan (72,75%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menurut pakar media dan guru, media pembelajaran interaktif yang dihasilkan Layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan penulis kepada instansi sekolah media ini adalah salah satu referensi, untuk langkah selanjutnya program ini masih perlu dikembangkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif, instalasi listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:08
Last Modified: 19 May 2014 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18608

Actions (login required)

View Item View Item