KONTRIBUSI MAHASISWA KKN TERPADU PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SEKOLAH MITRA


Edo Wahyu Saputro, 5301408004 (2013) KONTRIBUSI MAHASISWA KKN TERPADU PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SEKOLAH MITRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI MAHASISWA KKN TERPADU PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SEKOLAH MITRA]
Preview
PDF (KONTRIBUSI MAHASISWA KKN TERPADU PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SEKOLAH MITRA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Teknik Elektro adalah salah satu program studi kependidikan yang ada di Universitas Negeri Semarang, yang ditujukan untuk menjadi tenaga pendidik baik tingkat SMP, SMA maupun SMK. Pendidikan Teknik Elektro dipilih untuk ikut serta dalam program KKN terpadu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran berbasis TIK. Untuk mencapai tujuan KKN terpadu, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang mengikuti KKN terpadu telah diberikan bekal oleh penyelenggara. Besarnya kontribusi mahasiswa dalam pengembangan pembelajaran berbasis TIK di sekolah mitra, bisa diukur dari tingkat keberhasilan mahasiswa dalam melaksanaan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk tercapainya tujuan dari program KKN terpadu. Permasalahn dalam penelitian adalah “berapa besar kontribusi yang diberikan oleh mahasiswa KKN terpadu Pendidikan Teknik Elektro kepada SMK untuk pengembangan pembelajaran berbasis TIK di sekolah mitra”. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar kontribusi mahasiswa KKN terpadu Pendidikan Teknik Elektro di SMK dalam pengembangan pembelajaran berbasis TIK di sekolah mitra. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2008 sebanyak 30 mahasiswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2008 dan dokumentasi diambil dari laporan akhir KKN terpadu mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Setelah wawancara dan pengumpulan dokumentasi, kemudian hasilnya dianalisis dan deskripsikan dalam gambar grafik kemudian diuraikan dalam bentuk diskusi yang diberi keterangan seberapa besar keaktifan dan kontribusi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk tercapainya tujuan dari program KKN terpadu. Dari hasil penelitian, diketahui ada 2 variabel yang mempengaruhi peningkatan pembelajaran berbasis TIK, yaitu pembelajaran berbasis internet dan media belajar berbasis TIK. Untuk variabel pembelajaran berbasis internet, persentase kontribusi mahasiswa lebih besar yaitu 81% dibandingkan variabel media belajar berbasis TIK yang hanya 55%. Alasannya karena beberapa tempat KKN terpadu masih sulit untuk mengakses internet. Dan secara keseluruhan persentase kontribusi mahasiswa KKN terpadu sebesar 68%, artinya mahasiswa KKN terpadu berkontribusi besar terhadap pengembangan pembelajaran berbasis TIK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, KKN terpadu, Pendidikan Teknik Elektro.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:08
Last Modified: 19 May 2014 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18605

Actions (login required)

View Item View Item