PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH DASAR TELEKOMUNIKASI POKOK BAHASAN SISTEM MODULASI ANALOG


Muchamad Rifai, 5301407032 (2013) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH DASAR TELEKOMUNIKASI POKOK BAHASAN SISTEM MODULASI ANALOG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH DASAR TELEKOMUNIKASI POKOK BAHASAN SISTEM MODULASI ANALOG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH DASAR TELEKOMUNIKASI POKOK BAHASAN SISTEM MODULASI ANALOG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pengaruh yang sangat baik dalam bidang pendidikan. Pengaruh-pengaruh ini mendorong adanya usaha mempermudah dalam menyampaikan materi kepada materi kepada peserta didik dan diperlukan suatu media pembelajaran berbasis multimedia. Data dikumpulkan dengan teknik angket baik tertutup maupun terbuka. Media elektronik ini diuji cobakan pada responden mahasiswa, dan dosen pakar yang berkompeten di bidang media pembelajaran. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Menurut hasil penelitian dari seluruh responden, media pembelajaran Sistem Modulasi Analog pada mata kuliah Dasar Telekomunikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasi penelitian uji coba kepada 15 mahasiswa program studi pendidikan Teknik Elektro yang sedang atau telah mendapatkan mata kuliah Dasar Telekomunikasi Universitas Negeri Semarang menunjukkan bahwa program animasi untuk pembelajaran Dasar Telekomunikasi ini mempunyai prosentase 79,09% yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan 2 responden dari dosen pakar yang berkompeten dalam media pembelajaran mempunyai prosentase 75,45% dalam kategori baik. Namun, masih ada kekurangan seperti perlunya penambahan isi materi, animasi video masih kurang dan pengaturan warna yang belum kontras dengan background. Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka menambah dan mengembangkan isi materi agar lebih lengkap, penambahan animasi video dan memilih dan mengatur warna agar sesuai dengan background. Untuk langkah selanjutnya program ini masih perlu dikembangkan lagi..

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, dasar telekomunikasi, modulasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:08
Last Modified: 19 May 2014 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18603

Actions (login required)

View Item View Item