KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN SMALLGROUP WORK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO PADA MATERI DIMENSI TIGA

Arina Dwi Nur Afriyani, 4101409014 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN SMALLGROUP WORK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO PADA MATERI DIMENSI TIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN SMALLGROUP WORK BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO PADA MATERI DIMENSI TIGA) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Berdasarkan penelitian Rajagukguk (2011: 430) disimpulkan bahwa banyak siswa yang tidak mampu menyelesaikan soal dikarenakan proses pembelajaran yang kurang bermakna sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penerapan model pembelajaran yang kooperatif dan inovatif. Dalam penelitian ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan Small-Group Work (SGW) berbantuan kartu soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan 2 strategi pembelajaran tersebut, terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dimensi tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-8 (kelas eksperimen I) menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dan kelas X-9 (kelas eksperimen II) menggunakan pembelajaran kooperatif dengan strategi SGW berbantuan kartu soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Hasil tes kedua kelas eksperimen dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan dua ratarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen I dan II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada kelas eksperimen I rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar . Sedangkan pada kelas eksperimen II rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebesar . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dan SGW berbantuan kartu soal efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dimensi tiga; dan (2) rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran yang menggunakan strategi TTW lebih baik secara signifikan dibanding rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran yang menggunakan strategi SGW berbantuan kartu soal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: dimensi tiga, kartu soal, kemampuan pemecahan masalah, Think- Talk-Write, Small-Group Work.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 04 Nov 2013 05:51
    Last Modified: 04 Nov 2013 05:51

    Actions (login required)

    View Item