PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUIMEDIA GAMBAR DAN MODIFIKASI MISTAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KARANGGONDANG KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN. JEPARA TAHUN 2012
M U R YA N T I, 6102910217 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUIMEDIA GAMBAR DAN MODIFIKASI MISTAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KARANGGONDANG KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN. JEPARA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI MELALUIMEDIA GAMBAR DAN MODIFIKASI MISTAR PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KARANGGONDANG KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN. JEPARA TAHUN 2012)
Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil belajar lompat tinggi melalui media gambar dan modifikasi mistar bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari Siklus I dan Siklus II ( tahap perbaikan atau evaluasi ), dengan langkah langkah sebagai berikut (1) menentukan subyek penelitian, (2) menentukan obyek penelitian yaitu siswa kelas VI, (3) menentukan waktu penelitian baik Siklus I maupun Siklus II, (4) menetukan lokasi penelitian, (5) Teknik pengumpulan data, (6) rencana tindakan pembelajaran yang terdiri dari : (a) tahap rencana perbaikan,(b) tahap pelaksanaan perbaikan, (c) tahap observasi dan evaluasi, (d) tahap refleksi, baik pada Siklus I maupun Siklus II. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, hasil pengisian kuesioner oleh siswa dan perbaikan hasil belajar siswa pada siklus I maupun siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil data Siklus I diperoleh data hasil belajar atau ketuntasan belajar siswa 35,71%, rata-rata nilai hasil belajar 56,79. Hasil pengamatan aspek psikomotor 57,14(cukup baik), hasil pengamatan aspek kognitif 58,04 (cukup baik), hasil pengamatan aspek afektif 55,80 (cukup baik). Siklus II diperoleh data hasil belajar atau ketuntasan belajar siswa 92,86%, rata-rata nilai hasil belajar 82,50, hasil pengamatan aspek psikomotor 82,14 (baik), hasil pengamatan aspek kognitif 92,86 (sangat baik), hasil pengamatan aspek afektif 77,68 (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas yang berupa hasil belajar lompat tinggi melalui media gambar dan modifikasi mistar ini dapat digunakan bagi siswa kelas VI SD Negeri 10 Karanggondang Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan metode media gambar dan modifikasi mistar pada hasil belajar lompat tinggi ini pada siswa Kelas VI dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar lompat tinngi melalui media gambar dan modifikasi mistar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 15:11 |
Last Modified: | 19 May 2014 15:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18599 |
Actions (login required)
View Item |