Bimbingan Melalui Metode Role Play Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa SMKN 1 Temanggung


Bagus Priyambodo, 2302909013 (2013) Bimbingan Melalui Metode Role Play Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa SMKN 1 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bimbingan Melalui Metode Role Play Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa SMKN 1 Temanggung]
Preview
PDF (Bimbingan Melalui Metode Role Play Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang Siswa SMKN 1 Temanggung)
Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan dengan judul Bimbingan Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang (Penelitian pada siswa Kelas XI SMK N1 Kabupaten Temanggung) bertujuan untuk mengetahui apakah metode Role Playing (Bermain peran) efektif meningkatkan prestasi belajar pelajaran bahasa Jepang pada siswa SMK N 1 Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga diharapkan dengan metode pengajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Subjek penelitian dalam hal ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Kabupaten Temanggung. Jumlah siswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 35 siswa, sedangkan yang digunakan dalam penelitian adalah siswa yang memiliki prestasi belajar bahasa Jepang rendah. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XI SMK N1 Temanggung dapat ditingkatkan dengan bimbingan belajar melalui role playing. Prestasi belajar bahasa Jepang siswa pada siklus I dibandingkan dengan tes awal menunjukkan belum terjadi peningkatan yang berarti. Hal ini ditunjukkan skor pada indikator kemampuan berbahasa, kemampuan membaca, kemampuan mendengar dan kemampuan tata bahasa belum mencapai 50 %. Prestasi belajar bahasa Jepang siswa pada siklus II dibandingkan dengan tes awal terjadi peningkatan, tetapi belum mengalami perubahan yang berarti. Prestasi belajar bahasa Jepang siswa pada siklus III dibandingkan dengan tes awal terjadi peningkatan dan sudah mengalami perubahan yang berarti. Hal ini ditunjukkan dengan skor masing-masing indikator mengalami perubahan 50 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode Role Playing
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:11
Last Modified: 19 May 2014 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item