PEMBUATAN TELEVISI TRAINER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI WARNA PADA SISWA SMK NEGERI 3 TEGAL

Ahmad Yusdi Firdaus, 5301407028 (2013) PEMBUATAN TELEVISI TRAINER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI WARNA PADA SISWA SMK NEGERI 3 TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PEMBUATAN TELEVISI TRAINER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING TELEVISI WARNA PADA SISWA SMK NEGERI 3 TEGAL)
Download (979Kb)

    Abstract

    Kendala yang sering dihadapi Sekolah Menengah Kejuruan khususnya kelompok teknologi dan industri adalah ketersediaan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar siswa. Sekolah dituntut agar lulusan mempunyai kompetensi yang handal dalam bidangnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi perangkat keras berupa trainer televisi warna untuk pembelajaran mata pelajaran sistem penerimaan televisi warna. Tujuan penelitian adalah merencanakan, membuat atau memproduksi perangkat keras berupa trainer televisi warna untuk pembelajaran mata pelajaran “Sistem penerimaan televisi warna”. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perangkat keras (hardware) dan pembelajaran dengan metode ceramah, pada materi Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Penerimaan Televisi pokok bahasan troubleshooting televisi warna. Hasil belajar kelas yang menggunakan media pembelajaran perangkat keras (hardware) sebesar 81,86 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 88,235% ≥ 85%. Untuk kelas yang menggunakan metode ceramah rata-rata hasil belajar sebesar 75,65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 58,333% < 85%. Guru hendaknya meningkatkan ilmu dan kemampuan serta lebih kreatif dalam pembuatan media pembelajaran serta menyusu modul pembelajaran sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Serta perangkat pembelajaran yang telah dibuat perlu dikembangkan lebih lanjut serta diuji cobakan pada kelas dan sekolah lain yang mempunyai karakteristik setara atau sama dengan kelas eksperimen sehingga dapat diperoleh perangkat pembelajaran yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: televisi trainer, media, pembelajaran, troubleshooting televisi warna.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 11:11
    Last Modified: 19 May 2014 11:11

    Actions (login required)

    View Item