PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA BUNYI DI SMP KELAS VIII


Ervian Arif Muhafid, 4001409074 (2013) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA BUNYI DI SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA BUNYI DI SMP KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA TEMA BUNYI DI SMP KELAS VIII) - Published Version
Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi belum terlaksananya pembelajaran IPA terpadu di SMP. Disatu sisi KTSP menghendaki pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan secara terpadu. Belum terlaksananya pembelajaran tersebut karena masih terbatasnya perangkat pembelajaran, media ataupun sumber belajar baik untuk pegangan guru ataupun untuk siswa sehingga pembelajaran yang dilaksanakan masih terpisah-pisah ke dalam Fisika dan Biologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan modul IPA terpadu berpendekatan keterampilan proses pada tema bunyi di SMP kelas VIII. ` Penelitian menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development). Dalam proses pelaksanaannya, penelitian dan pengembangan ini membentuk suatu siklus yang dimulai dengan melakukan studi pendahuluan untuk menemukan kerangka produk awal yang dibutuhkan. Produk awal tersebut dikembangkan dalam suatu situasi tertentu, melalui suatu uji validasi oleh pakar yang hasilnya kemudian diuji cobakan, direvisi dan diuji coba kembali sehingga pada akhirnya ditemukan suatu produk akhir yang dianggap sempurna. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Satu Atap Ayah dengan menggunakan siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai subyek penelitian. Faktor yang diteliti meliputi kelayakan bahan ajar berbentuk modul IPA terpadu berpendekatan keterampilan proses berdasarkan uji kelayakan oleh pakar dan efektifitas modul berdasarkan hasil belajar siswa. Data penelitian yang didapatkan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil uji kelayakan modul IPA terpadu oleh pakar IPA 84,10%, pakar penyajian 88,21%, dan pakar bahasa 89,17%. Tingkat ketuntasan klasikal siswa 100% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90,40. Hal ini berarti modul IPA terpadu yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa SMP kelas VIII. Simpulan penelitian ini yaitu modul IPA terpadu berpendekatan keterampilan proses pada tema bunyi yang dikembangkan memenuhi kriteria standar penilaian bahan ajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Ayah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, IPA Terpadu, Keterampilan Proses, Bunyi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 09:59
Last Modified: 04 Nov 2013 09:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item View Item