PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN ALAT BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SD N PRINGLANGU KOTA PEKALONGAN


DWIKO WULANDORO, 6102910202 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN ALAT BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SD N PRINGLANGU KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN ALAT BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SD N PRINGLANGU KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN ALAT BOLA BEREKOR PADA SISWA KELAS IV SD N PRINGLANGU KOTA PEKALONGAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

permainan bola voli melalui pendekatan permainan bola berekor untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja, sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian menggunakan metode pendekatan bermain bola berekor sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Pringlangu Kecamatan Pekalongan barat Kota Pekalongan pada semester dua tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 14 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari penigkatan nilai ratarata pembelajaran psssing bawah maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata kondidi awal (66,29), rata-rata siklus 1 (71,66) dan rata-rata siklus 2 (74,41), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus 2 sebesar ( 8,12). Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran psssing bawah dapat dilihat dari nilai KKM (7,00) atau tuntas sebesar 41,66%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 dari 24 siswa (75%) dan pada siklus 2 yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 22 dari 24 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar (91,66%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain bola berekor dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas IV SD N Pringlangu Kecamatan Pekalongan barat Kota Pekalongan tahun pelajaran 2011/2012. Saran penelitian ini penggunaan metode pembelajaran yang lebih inovatif dapat meningkatkan minat dan motifasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar penjas, metode demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:11
Last Modified: 19 May 2014 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18595

Actions (login required)

View Item View Item