ANALISIS KESULITAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Ahmad Sudaryanto Farchan, 2302409065 (2013) ANALISIS KESULITAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESULITAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG]
Preview
PDF (ANALISIS KESULITAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG)
Download (619kB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan bahasa Jepang keterampilan menyimak dikenal juga dengan istilah Choukai. Namun bagi pembelajar bahasa Jepang di Unnes, ketika mempelajari bahasa Jepang pastinya menemukan kendala, terutama pada kegiatan menyimak. Kesulitan muncul dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan dengan menyebarkan angket tertutup ditemukan masalah pada kemampuan menyimak mahasiswa, oleh karena itu penulis bermaksud untuk meneliti dan mencari lebih lengkap dimana letak kesulitan ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal serta mencari faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak bahasa Jepang mahasiswa prodi pendidikan bahasa jepang semester 2 Unnes. Penelitian ini bertujuan untuk mencari kesulitan menyimak mahasiswa ditinjau dari faktor internal dan eksternal serta faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa kesulitan dalam menyimak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jenis penelitian deskriptif yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2012. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 mahasiswa semester 2 prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan tahun 2012. Pengumpulan datanya menggunakan angket tertutup sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas tes digunakan rumus R-11. Dari hasil penelitian ditemukan hasil kesulitan menyimak mahasiswa adalah 1) kondisi fisik yang sedang menurun 2) persepsi tentang mata kuliah choukai, 3) materi yang sulit untuk dipahami, 4) metode pengajaran yang kurang inovatif, 5) tempat yang kurang mendukung untuk kegiatan belajar menyimak mahasiswa, 6) penguasaan kosa kata yang kurang, 7)sedikit buku referensi, 8) kurangnya latihan dengan native speaker untuk mengembangkan kemampuan menyimak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Menyimak
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:11
Last Modified: 19 May 2014 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item