PENGEMBANGAN MODUL IPA BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA POLUSI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMK N 11 SEMARANG


Ratna Setyowati, 4001409029 (2013) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA POLUSI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL IPA BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA POLUSI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMK N 11 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL IPA BERKARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TEMA POLUSI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMK N 11 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Modul adalah satuan program pembelajaran terkecil yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara perseorangan (self instructional); setelah peserta menyelesaikan satu satuan dalam modul, selanjutnya peserta dapat melangkah maju dan mempelajari satuan modul berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang bagaimana pengembangan modul, serta layak dan efektifnya modul yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Dalam pengertian penelitian berisi tentang bagaimana cara mengembangkan bahan ajar melalui beberapa tahap seperti validasi oleh ahli, serta revisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMK N 11 Semarang. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data interaksi terdiri dari pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak dan efektif digunakan untuk siswa kelas XI SMK N 11 Semarang. Modul mendapat penilaian layak dari ahli setelah melalui beberapa tahapan revisi, selain itu modul efektif digunakan oleh siswa dilihat dari keaktifan serta nilai ketuntasan klasikal yang mencapai lebih 85% dari siswa. Berpijak dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan mendapat penilaian layak dari pakar, serta efektif digunakan dalam pembelajaran oleh siswa kelas XI Multimedia 2 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86% dan aktivitas siswa sebesar 91,4%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter, modul, peduli lingkungan, polusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 09:54
Last Modified: 04 Nov 2013 09:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18593

Actions (login required)

View Item View Item