PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERTINGKAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA CAHAYA


Alvi Mutia Nurulshifa, 4001409011 (2013) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERTINGKAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA CAHAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERTINGKAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA CAHAYA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERTINGKAT BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA PADA TEMA CAHAYA) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Terdapat tiga komponen yang dianggap penting dalam dunia pendidikan atau pengajaran, yaitu tujuan, metode, dan evaluasi. Tahapan terpenting dalam proses pembelajaran adalah evaluasi. Manfaat dari evaluasi adalah untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran dan sebaliknya tujuan pembelajaran merupakan acuan dalam melaksanakan evaluasi. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan alat evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran tersebut. Rumusan masalah yang ada pada skripsi ini meliputi bagaimana bentuk tes untuk dapat mengetahui kemampuan berpikir siswa dan uji kelayakannya menurut penilaian pakar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi berdasarkan taksonomi bloom pada materi cahaya dan mengetahui kelayakannya menurut pakar dan hasil ujicoba. Untuk itu peneliti melakukan pengembangan alat evaluasi bertingkat berdasarkan taksonomi bloom. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan diuji keefektifannya. Analisis data yang digunakan adalah data hasil validasi produk oleh ahli, angket tanggapan guru dan siswa serta nilai hasil belajar siswa. Alat evaluasi pembelajaran bertingkat berdasarkan taksonomi bloom pada tema cahaya mendapat kriteria sangat layak dari pakar materi dan pakar media dengan perolehan rerata skor 83%. Penilaian alat evaluasi pembelajaran bertingkat ini menggunakan instrumen penilaian alat evaluasi SMP/ MTs menurut BSNP yang telah dimodifikasi. Sebanyak 72,56% siswa tuntas belajar hal ini diperoleh data siswa mengerjakan alat evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, taksonomi bloom, kemampuan berpikir siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 09:41
Last Modified: 04 Nov 2013 09:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item