EFEKTIVITAS RANDOM CLUE CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA JURUSAN PARIWISATA


Amilatun Naimah, 2302409070 (2013) EFEKTIVITAS RANDOM CLUE CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA JURUSAN PARIWISATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS RANDOM CLUE CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA JURUSAN PARIWISATA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS RANDOM CLUE CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA JURUSAN PARIWISATA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknik pembelajaran digunakan dalam pembelajaran dengan maksud agar dapat bermanfaat untuk menarik perhatian siswa. Teknik pembelajaran yang menarik diharapkan materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Random Clue Card. Media Random Clue Card adalah permainan berupa aktivitas menyusun kembali suatu petunjuk tentang percakapan antara turis dan pemandu yang sebelumnya telah diacak. Hasil yang diharapkan adalah berupa susunan percakapan yang urut dan utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Random Clue Card efektif dalam pengajaran percakapan antara turis dan pemandu, dan faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menjawab soal. Variabel dalam penelitian ini adalah media Random Clue Card dan kemampuan berbicara siswa kelas X UPW SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X UPW SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2012. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling total. Dengan teknik tersebut didapatkan sampel sebanyak 30 siswa kelas X UPW 1 dan 30 siswa kelas X UPW 2. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas soal digunakan rumus KR-20. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Dari hasil analisis diperoleh nilai t hitung = 3,87, sedangkan t tabel untuk db 60 (diambil dari db 58) = 2,68. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi “media Random Clue Card efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, media random clue card, kemampuan berbicara
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:13
Last Modified: 19 May 2014 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item View Item