STRATEGI ADAPTASI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLISSUNNAH WALJAMA’AH TERHADAP KEBERADAAN KAMPUS UNNES


Siti Khoiriyah, 3401409081 (2013) STRATEGI ADAPTASI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLISSUNNAH WALJAMA’AH TERHADAP KEBERADAAN KAMPUS UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI ADAPTASI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLISSUNNAH WALJAMA’AH TERHADAP KEBERADAAN KAMPUS UNNES]
Preview
PDF (STRATEGI ADAPTASI PONDOK PESANTREN DURROTU AHLISSUNNAH WALJAMA’AH TERHADAP KEBERADAAN KAMPUS UNNES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah merupakan pondok pesantren salaf yang menjadi pilihan alternatif mahasiswa UNNES di tengah banyaknya pilihan rumah kos maupun kontrakan yang ada di Kelurahan Sekaran, hal ini dapat dilihat dari jumlah santri pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah yang berjumlah 208 santri yang mana 200 santrinya merupakan mahasiswa UNNES. Perubahan input santri yang dialami oleh Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah membuat pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah harus memiliki strategi kelembagaan guna mempertahankan ideologi pondok Pesantren sebagi pondok pesantren salafi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Mengapa Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah perlu beradaptasi dengan kampus UNNES. (2) Mengetahui bagaiamana upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah dalam beradaptasi dengan kampus UNNES. (3) Mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendorong yang dihadapi oleh Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah dalam beradaptasi dengan kampus UNNES. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang pengasuh pondok pesantren dan 3 santri sebagai pengurus Pondok pesantren yang dapat memenuhi kebutuhan data. Informan dari 2 orang santri pondok pesantren, 1 orang ustadz dan 1 ustadzah pondok pesantren, dan 2 orang masyarakat sekitar pondok pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teori AGIL Talcott Parsons, menunjukan bahwa: (1) pondok pesantren Durrotu Aswaja perlu beradapatasi dengan adanya keberadaan kampus UNNES agar tecipta kesinergisan antara pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah dengan kampus UNNES. (2) Dengan adaya inovasi pendidikan dalam pondok pesantren dan pengembangan kurikulum pondok pesantren merupakan bentuk adaptasi pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah. (3) Dalam proses beradaptasi dengan keberadaan kampus UNNES pondok pesantren Durrotu Aswaja mengalami beberapa hambatan berupa kurangnya kesadaran santri. Selain adanya hambatan juga terdapat faktor pendorong strategi adaptasi yang dilakukan pondok pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljama’ah berupa sumber daya santri yang produktif serta keterbukaan pemikiran pengasuh pondok pesantren. Saran yang diberikan yaitu pengurus pondok pesantren perlu mengadakan pelatihan manajemen santri sebagai bekal awal santri ketika menjadi santri baru di pondok pesantren Durrotu Aswaja. Pondok pesantren Durrotu Aswaja mengadakan forum evaluasi terbuka dimana santrinya diberi kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. Pondok pesantren Durrotu Aswaja dalam hal perijinan untuk kegiatan kampus yang tidak bersifat wajib perlu dilonggari akan tetapi santrinya juga harus lebih bertanggung jawab. Untuk UNNES hendaknya memperkuat jalinan hubungan baik dengan tokoh masyarakat di sekitar UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Adaptasi, Pondok Pesantren Salaf, Kampus UNNES
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2013 09:31
Last Modified: 04 Nov 2013 09:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18584

Actions (login required)

View Item View Item