PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK


Akhmad Roni Nurhadi, 5301407007 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan merupakan masalah yang selalu menuntut perhatian. Tingkat penyerapan pelajaran yang diterima antara siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda, ada yang berkemampuannya rendah ada yang tinggi. Ini merupakan tantangan bagi guru agar dapat memaksimalkan daya serap masing-masing siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa bahan ajar interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran teknik instalasi tenaga listrik dengan macromedia flash dan apakah pemakaian bahan ajar interaktif ini sesuai untuk digunakan di SMK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berbentuk bahan ajar interaktif untuk membantu pembelajaran dalam penyajian materi mata pelajaran “Teknik Instalasi Tenaga Listrik” di SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penyelesaian penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan angket/ cheklist. Hasil ujicoba media pembelajaran secara keseluruhan responden, dari pakar multimedia menyatakan 84,30% dengan kriteria baik, dari guru menyatakan 81,79% dengan kriteria baik, dari siswa di bagi dua variabel yaitu variabel tanggapan dari siswa menyatakan 78,19% dengan kriteria baik dan variabel sikap siswa menyatakan 77,04% dengan kriteria baik. Hasil ujicoba kepada seluruh responden menyatakan bahan ajar interaktif ini layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK dan telah memenuhi indikator keberhasilan dengan prosentase ratarata sebesar 81,23% atau dalam kategori baik. Program bahan ajar ini sebaiknya digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk mata pelajaran teknik instalasi tenaga listrik. Perlu diadakannya penelitian lanjutan tentang pengembangan program bahan ajar elektronik dengan model yang lain sebagai tambahan sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, interaktif, instalasi tenaga listrik.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:13
Last Modified: 19 May 2014 15:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item