Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Karya Wisata Tempat Pembudidayaan Tanaman Hias Ringin Indah Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran
Eri Astuti, 2101405672 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Karya Wisata Tempat Pembudidayaan Tanaman Hias Ringin Indah Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Karya Wisata Tempat Pembudidayaan Tanaman Hias Ringin Indah Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran)
- Published Version
Download (29MB) |
Abstract
Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Keterampilan menulis pada dasarnya adalah keterampilan dalam merangkum/menyusun kata-kata sehingga menjadi kesatuan yang utuh, tetapi pada kenyataan di sekolah siswa kurang kreatif dalam menulis, terutama menulis puisi. Salah satu bentuk tulisan kreatif adalah puisi. Alasan siswa kurang terampil menulis puisi salah satunya adalah metode dan media pembelajaran menulis puisi yang monoton atau kurang menarik. Siswa hanya disuruh menulis puisi tanpa adanya dorongan dari guru dan metode/media yang kurang menarik. Hal ini merupakan salah satu penyebab pembelajaran tidak maksimal dan tujuan pembelajaran kurang berhasil. Oleh karena itu, masalah tersebut perlu diatasi dengan menggunakan metode karya wisata dan media lingkungan berupa tempat pembudidayaan tanaman hias Ringin Indah. Cara ini akan mendorong siswa untuk terampil menulis puisi, melatih siswa untuk belajar aktif dan kreatif, serta memadukan antara teori dengan praktik. Metode dan media ini memungkinkan dapat membuat suasana pembelajaran yang menarik dan meningkatkan keterampilan menulis puisi. Berdasarkan paparan di atas penelitian ini mengangkat permasalahan, yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata tempat pembudidayaan tanaman hias Ringin Indah dan bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan metode karya wisata tempat pembudidayaan tanaman hias Ringin Indah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran dengan metode karya wisata tempat pembudidayaan tanaman hias Ringin Indah setelah mengikuti tes menulis puisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran. Tiap-tiap siklus terdiri atas atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang berupa nilai siswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan jurnal. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Susukan 04 Ungaran hasil tindakan siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 61,1 dengan kategori cukup, setelah dilakukan pembelajaran siklus II rata-rata skor tes menulis puisi siswa meningkat sebesar 16,3%. Rata-rata skor kelas pada tes siklus II mencapai 77,4 dan termasuk dalam kategori baik. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini diikuti dengan nilai rata-rata skor pada tiap aspek penilaian. Pada aspek kesesuaian judul puisi dengan tema skor rata-rata yang dicapai pada siklus I sebesar 65,2 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 80,9 dengan kategori baik. Rata-rata klaksikal pada aspek kesesuaian judul dengan isi puisi pada siklus I sebesar 62,6 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 78,3 dengan kategori baik. Pada aspek penggunaan diksi skor rata-rata yang dicapai pada siklus I sebesar 58,3 dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II sebesar 75,7 dengan kategori baik. Rata-rata skor pada aspek penggunaan rima yang dicapai pada siklus I sebesar 52,2 dengan kategori kurang, sedangkan pada siklus II sebesar 68,7 dengan kategori cukup. Pada aspek penggunaan tipografi dengan skor rata-rata yang dicapai pada siklus I sebesar 66,9 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 82,6 dengan kategori baik. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa ini diikuiti dengan perubahan perilaku belajar yang positif dari perilaku belajar yang negatif sebelum pada siklus I dan siklus II ini siswa semakin aktif dan kreatif dalam pembelajaran karena siswa mulai senang, tertarik, dan menikmati pembelajaran menulis puisi dengan metode karya wisata. Saran yang disampaikan adalah 1) guru bahasa Indonesia menggunakan cara mengajar yang mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu terampil menulis kreatif dapat tecapai, 2) jika akan menggunakan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis puisi, guru hendaknya memberikan penjelasan materi yang mendalam mengenai kesesuaian judul puisi dengan tema, kesesuaian judul dengan isi puisi, diksi, rima, dan tipografi, 3) para peneliti hendaknya menggunakan skripsi ini sebagai referensi jika akan melakukan penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis puisi, metode karya wisata, media lingkungan. |
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 03:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |