PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION CARD BERBASIS SAINS-EDUTAINMENT TEMA ENERGI KELAS VIII


Suparmi, 4001409100 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION CARD BERBASIS SAINS-EDUTAINMENT TEMA ENERGI KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION CARD BERBASIS SAINS-EDUTAINMENT TEMA ENERGI KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION CARD BERBASIS SAINS-EDUTAINMENT TEMA ENERGI KELAS VIII)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berupa Education Card Berbasis Sains-Edutainment tema Energi. karena pembelajaran IPA di MTs. Al Hamidiyyah Wringinjajar Mranggen belum berpusat pada siswa, sehingga siswa hanya mendengar dan mencatat hal-hal yang dianggap penting serta cenderung dituntut untuk menghafal, hal ini menyebabkan siswa mudah merasa jenuh dan tidak menyukai pelajaran IPA yang akhirnya berdampak pada kurang maksimalnya pemahaman siswa terhadap tema energi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu produk pembelajaran berbasis Sains-Edutainment serta mengevaluasi efektifitas penggunaan media yang telah dikembangkan pada pembelajaran IPA dengan media pembelajaran Education Card berbasis Sains- Edutainment. Subyek uji coba untuk uji validasi ahli menggunakan ahli pembelajaran materi dan ahli media. Uji kelas kecil, dilakukan pada 12 siswa kelas VIII dan uji kelas besar pada 32 siswa kelas VIIIA MTs. Al Hamidiyyah Winginjajar. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Education Card berbasis Sains-Edutainment efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi energi yang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keefektifan, Pada aspek kognitif tingkat penguasaan siswa terhadap materi untuk kelas kecil yaitu 78,75% sedangkan untuk kelas besar 76,09%, keduanya berada pada kriteria efektif, pada aspek afektif, penilaian afektif peserta didik untuk kelas kecil yaitu 80,83% sedangkan untuk kelas besar yaitu 78,44%, keduanya berpredikat baik, Angket uji kelayakan media untuk kelas kecil dan kelas besar masing-masing mendapatkan nilai 3,25 dan 3,29 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Education Card, Sains-Edutainment, Tema Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:14
Last Modified: 19 May 2014 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item