HUBUNGAN STATUS PENGUASAAN TEMPAT TINGGAL DAN PERILAKU PSN DBD TERHADAP KEBERADAAN JENTIK DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG


Lucky Radita Alma, 6450408070 (2013) HUBUNGAN STATUS PENGUASAAN TEMPAT TINGGAL DAN PERILAKU PSN DBD TERHADAP KEBERADAAN JENTIK DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN STATUS PENGUASAAN TEMPAT TINGGAL DAN PERILAKU PSN DBD TERHADAP KEBERADAAN JENTIK DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN STATUS PENGUASAAN TEMPAT TINGGAL DAN PERILAKU PSN DBD TERHADAP KEBERADAAN JENTIK DI KELURAHAN SEKARAN KOTA SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah Kelurahan Sekaran memiliki angka bebas jentik (ABJ) terendah pada tahun 2010 dan 2011 dari wilayah padat kos-kosan mahasiswa di Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status penguasaan tempat tinggal terhadap perilaku PSN DBD dan keberadaan jentik di Kelurahan Sekaran Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah rumah yang berada di RW I, II, III, IV dan V di Kelurahan Sekaran yang berjumlah 1477 rumah. Sampel berjumlah 105 rumah yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional kuota sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan  = 0,05 dan regresi logistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara status penguasaan tempat tinggal terhadap keberadaan jentik (p= 0,455), ada hubungan antara status penguasaan tempat tinggal terhadap perilaku PSN DBD (p= 0,032), dan ada hubungan antara perilaku PSN DBD terhadap keberadaan jentik (p= 0,024). Saran yang diberikan kepada pihak Puskesmas Sekaran yaitu diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam strategi pencegahan dan pemberantasan DBD di Kelurahan Sekaran. Selain itu disarankan pula bagi pihak Kelurahan Sekaran dalam mengupayakan penurunan angka bebas jentik dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang ada di Kelurahan Sekaran guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan upaya PSN DBD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tempat Tinggal, Perilaku, Keberadaan Jentik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:29
Last Modified: 19 May 2014 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item View Item