PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER


Parmin, 4001409098 (2013) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA MIKROSKOP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN KARAKTER)
Download (40MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA dilaksanakan secara scientific inquiry untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam berbagai aspek kecakapan hidup. Pelaksanaan kegiatan laboratorium atau praktikum diperlukan adanya petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum yang mencerminkan pembelajaran terpadu masih sulit ditemukan. Penanaman karakter dalam pendidikan juga sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prototype buku petunjuk praktikum, (2) kevalidan buku petunjuk praktikum, (3) kelayakan buku petunjuk praktikum, dan (4) keefektifan buku petunjuk praktikum hasil pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) meliputi tahap observasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba skala kecil, revisi kedua, uji coba pemakaian, dan revisi akhir produk. Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VII. Obyek dalam penelitian adalah prototype, kevalidan, kelayakan dan keefektifan petunjuk praktikum untuk meningkatkan pemahaman siswa, mengaktifkan dan menanamkan karakter siswa. Hasil penelitian ini meliputi (1) buku petunjuk praktikum terdiri bagian pendahuluan, bagian isi berisi pengenalan mikroskop dan tiga petunjuk praktikum dilengkapi dengan bagian tambahan yang berisi glosarium dan daftar pustaka, 2) buku petunjuk termasuk dalam kriteria sangat valid sesuai dengan validasi pakar dengan persentase skor 87,22%, 3) buku petunjuk praktikum IPA terpadu tema mikroskop layak digunakan dalam pembelajaran praktikum menurut tanggapan siswa melalui uji coba skala kecil mencapai persentase skor 91%, tanggapan siswa setelah uji pemakaian dengan persentase skor 86,98%, dan penilaian guru dengan persentase skor 91,50% dengan kriteria sangat layak, 4) hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan petunjuk praktikum konvesional, rata-rata persentase keaktifan siswa mencapai 85,25%, dan rata-rata persentase observasi karakter mencapai 81,30%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum IPA terpadu yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VII MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen. Saran yang diberikan adalah untuk observasi karakter sebaiknya dilakukan penelitian dengan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: petunjuk praktikum, inkuiri terbimbing, karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:29
Last Modified: 19 May 2014 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18562

Actions (login required)

View Item View Item