EFEKTIVITAS MEDIA SLIDE SHOW ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG


NIKAH UMUSSA’ADAH, 2302408064 (2013) EFEKTIVITAS MEDIA SLIDE SHOW ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA SLIDE SHOW ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA SLIDE SHOW ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam pengajaran. Penggunaan media pembelajaran akan membantu mempermudah dalam penyampaian materi di sekolah, serta dapat menimbulkan minat dan motivasi dalam belajar asalkan digunakan secara tepat dan variatif. Proses pembelajaran bahasa Jepang di SMK Roudlotus Saidiyah Semarang berlangsung satu arah. Kegiatan peserta didik di kelas hanya mendengarkan, melihat, dan mencatat saja. Peserta didik tidak terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan kurang adanya inovasi dalam media pembelajaran yang digunakan, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi bahasa Jepang dan tujuan pembelajaran pun tidak dapat tercapai secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan media pembelajaran yang lebih variatif. Penulis bermaksud mengujicobakan media yang baru yaitu media audiovisual menggunakan powerpoint dalam bentuk slide presentasi dan ditambahkan animasi yang menarik (media Slide Show Animasi). Media ini dapat mempermudah guru dalam menjelaskan kosakata dan pola kalimat sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Slide Show Animasi dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas XI SMK Roudlotus Saidiyah Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan teknik komparasi untuk menganalisis datanya. Penulis membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan media Slide Show Animasi dalam pembelajaran bahasa Jepang. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus KR 21. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 7,55 dan kelas kontrol 6,75. Sehingga nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kemudian dari hasil perhitungan menggunakan rumus T-tes diperoleh nilai thitung sebesar 2.45 dan pada ttabel menunjukkan angka 2.03 dengan taraf kepercayaan 5%. Sehingga hasilnya thitung lebih besar daripada ttabel. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa media slide show animasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Jepang peserta didik kelas XI SMK Roudlotus Saidiyah Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, slide show animasi, pembelajaran
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:30
Last Modified: 19 May 2014 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18561

Actions (login required)

View Item View Item