Pengaruh Iklan Televisi dan Iklan Outdoor Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Semarang


Radhitiya Permana Sakti, 3352404519 (2009) Pengaruh Iklan Televisi dan Iklan Outdoor Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Iklan Televisi dan Iklan Outdoor Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Semarang] PDF (Pengaruh Iklan Televisi dan Iklan Outdoor Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Tingkat frekuensi iklan televisi yang cukup sering, iklan outdoor yang strategis, dalam memasarkan produknya tidak mampu untuk mendongkrak jumlah pembelian produk Honda Vario, penjualan Honda Vario terus menurun dalam beberapa semester terakhir. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) Apakah iklan Outdoor mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Vario di Kabupaten Semarang (2) Apakah iklan televisi mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Vario di Kabupaten Semarang (3) Apakah iklan Outdoor dan iklan televisi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda Vario di Kabupaten Semarang secara simultan? Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kabupaten Semarang pemilik kendaraan Honda Vario. Pengambilan sampel dengan teknik aksidental sampling. Dengan syarat random sampling yang dianggap homogen. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada warga Kabupaten Semarang yang memiliki Honda Vario. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y =15,286 + 0,205X1 + 0,414X2 Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 16,052 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan keberartian koefisien regresi dengan uji t diperoleh thitung = 2,679 dengan signifikansi 0,008 < 0,050 untuk pengaruh iklan televisi terhadap keputuan pembelian, sedangkan untuk uji parsial pengaruh iklan outdoor terhadap keputusan pembelian dengan uji t diperoleh thitung = 3.852 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,202 artinya pengaruh iklan televisi dan iklan outdoor terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario di Kabupaten Semarang sebesar 20,2%, dan sisanya sebesar 69,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh iklan televisi dan iklan outdoor terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Honda Vario di Kabupaten Semarang. Saran yang disampaikan kepada pihak perusahaan Honda, yaitu sebaiknya (1) Frekuensi penayangan iklan televisi yang sering, penggunaan bintang iklan yang terkenal dan pesan iklan yang baik, sopan serta mudah dipahami sudah cukup mengena dibenak konsumen tetapi hendaknya produsen lebih sering menjadi sponsor utama dalam suatu acara atau pagelaran di televisi sehingga keunggalan honda vario dapat di informasikan secara menyeluruh kepada konsumen. (2) Ukuran iklan Outdoor yang besar, letak iklan outdoor yang strategis dan dominasi iklan didaerah iklan di tempatkan membuat konsumen mudah melihatnya, namun sebaiknya iklan outdoor yang dipasang ditambah aksesoris serta teknologi yang lebih moderen sehingga membuat iklan lebih unik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan televisi, Iklan Outdoor dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item