PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERMUATAN MIND MAPPING PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs


Sri Zuliyati Arbai, 4001409069 (2013) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERMUATAN MIND MAPPING PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERMUATAN MIND MAPPING PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERMUATAN MIND MAPPING PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN UNTUK KELAS VIII SMP/MTs)
Download (8MB) | Preview

Abstract

Munculnya Permendiknas No. 22 tahun 2006 yang menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu perlu dukungan dengan adanya bahan ajar terpadu. Telah dilakukan pengembangan modul IPA Terpadu bermuatan mind mapping pada tema cahaya dan penglihatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA Terpadu dan mengetahui kelayakannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan 2 tahap uji coba, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Pada uji coba skala kecil dilakukan kepada 8 siswa kelas IX sedangkan uji coba skala besar dilakukan di kelas VIII F. Hasil kelayakan modul diperoleh dari validasi ahli mencapai >80%, hasil tanggapan guru sebesar 93,34%, hasil uji coba skala kecil untuk mengetahui keterbacaan modul mencapai 92,5%, hasil tanggapan siswa sebesar 93,6% pada uji coba skala besar, serta hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,4%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu bermuatan mind mapping pada tema cahaya dan penglihatan telah memenuhi syarat kelayakan bahan ajar. Disarankan untuk mengembangkan modul mind mapping pada materi yang berbeda dengan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul IPA Terpadu, Mind Mapping, cahaya dan penglihatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:32
Last Modified: 19 May 2014 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item