PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI KOTA SEMARANG


Eka Susanti, 3401408090 (2013) PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBINAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PKn PASCA SERTIFIKASI DI KOTA SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Kompetensi guru yang dimaksud salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Uji kompetensi dilaksanakan pada saat guru ingin mendapatkan sertifikat pendidik. Ketika guru sudah mendapatkan sertifikat pendidik, guru tetap dituntut untuk melakukan pengembangan kompetensi agar kemampuan guru dalam mengolah kelas selalu bertambah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang 2) Apa kendala yang ditemui guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang dalam pembinaan kompetensi pedagogik dan 3) Bagaimana pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kondisi kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang, 2) mendiskripsikan kendala guru PKn pasca sertifikasi dalam pembinaan kompetensi pedagogik 3) mengetahui pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn SMP, SMA, SMK negeri dan swasta yang lolos sertifikasi di Kota Semarang. Fokus penelitian ini adalah keadaan kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang, kendala guru PKn pasca sertifikasi melakukan pembinaan kompetensi pedagogik dan pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang sudah baik dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik. Isi kompetensi pedagogik yang paling dikuasai oleh guru PKn adalah menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Aspek yang paling sulit untuk diaplikasikan oleh guru adalah melakukan tindakan reflektif dengan wujud PTK guna menambah kualitas pembelajaran. Selain kedua aspek tersebut juga sudah mampu dikuasai oleh guru PKn pasca sertifikasi karena guru mampu mengaplikasikan aspek pertama yaitu mengaplikasikan setiap rancangan pembelajaran berdasarkan kondisi siswa dan masing- masing sekolah. Masih terdapat kendala dalam mengaplikasikan kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dan siswa yang belum merata. Khususnya kemampuan dalam hal penggunaan dan pengembangan media pembelajaran berbasis IT. Akan tetapi, kendala itu sudah dapat di minimalisir dengan kerja kelompok dan belajar mandiri. Kendala yang dihadapi guru dalam mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal guru. Faktor- faktor internal tersebut adalah manajemen diri yang terdiri dari kontrol emosional, sadar posisi dan tugas serta manajemen waktu . Faktor- faktor eksternal yaitu birokrasi lembaga, perubahan teknologi dan sosial,serta jumlah siswa. Pembinaan kompetensi pedagogik yang dilakukan untuk guru PKn pasca sertifikasi di Kota Semarang yaitu melalui program jangka pendek yaitu diklat, workshop, dan seminar, program jangka panjang yaitu teaching clinic (kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan potensi diri guru bersertifikat pendidik profesional atau kompetensi pedagogik sebagai bekal peningkatan komitmen diri terhadap tugas profesional yang diembannya dan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan rencana program pembinaan atau masih dalam tahap sosialisasi yaitu PKG (Penilaian Kinerja Guru) ,PKB (Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan) dan evaluasi tindak lanjut. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi di kota Semarang sudah baik, dan masih terdapat kendala dalam proses pembinaan kompetensi pedagogik guru PKn pasca sertifikasi. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan: (1) untuk guru selalu menambah inovasi- inovasi dalam pembelajaran dengan selalu mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik (2) untuk Dinas Pendidikan Kota Semarang agar turut andil dalam mengurangi kendala- kendala yang dihadapi oleh guru PKn pasca sertifikasi dalam mengikuti pengembangan kompetensi pedagogik. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, kompetensi pedagogik, sertifikasi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 15:47
Last Modified: 01 Nov 2013 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item