PELAKSANAAN OUTBOUND SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG


YASIN EKA PUTRA, 3401408050 (2013) PELAKSANAAN OUTBOUND SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN OUTBOUND SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN OUTBOUND SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN SISWA DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan banyak sekolah yang hanya memberi materi pembelajaran saja. Pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya memberikan materi saja akan tetapi menyangkutkan materi yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan diadakan tidak hanya dalam kelas saja akan tetapi mengajak siswa turut serta mengeksplorasi kemampuan yang ada dalam diri siswa yaitu belajar dari alam sambil bermain. Dengan pembelajaran dengan model Outbound diharapkan siswa dapat lebih mudah menerima materi dibandingkan dengan pembelajaran dengan metode konvensional. Tujuan dari penelitian ini: (1) Pelaksanaan melatih kemandirian melalui pembelajaran dengan model Outbound di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang; (2) Peran guru dalam melatih kemandirian melalui pembelajaran dengan model Outbound di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang; (3) Hambatan yang dihadapi dalam melatih kemandiriansiswa melalui pembelajaran dengan modelOutbound di SMP Alam Ar-RidhoKotaSemarang. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif.Lokasi penelitian di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang.Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kebenaran hasil penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi data sumber dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan guru dengan apa yang dikatakan oleh siswa, dan membandingkan wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Outboundterdapat empat tahapan yang terdiri dari: a. Pembelajaran dalam kelas yang terdiri dari guru menjelaskan materi terlebih dahulu, b. pembelajaran di luar kelas, dimana siswa diberi tugas untuk melakukan observasi mengenai materi yang sudah diberikan sebelumnya, c. refleksi akhir, dimana siswa disuruh untuk memaparkan hasil observasi kelompoknya, d. refleksi akhir, siswa disuruh memberikan kesimpulan dari hasil kerja kelompoknya dan pada akhirnya guru akan memberikan kesimpulan akhir.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model outbound terdiri dari perencanaan, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, proses pembelajaran serta evaluasi atau penilaian. Melatih kemandirian siswa dilakasanakan dengan baik seperti tanggung jawab,pengalaman yang relevan,ruang untuk menentukan keputusan diri,otonomi,akal sehat,keterampilan memecahkan masalah,keterampilan yang praktis dan kesehatan yang baik. Saran yang diajukan peneliti yaitu: (1) Kepada Guru, dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model outbound ketika musim penghujan hendaknya guru sudah mengantisipasi dahulu ketika turun hujan dengan mempersiapkan materi yang harus diajarkan ketika dikelas dan di luar kelas. Sehingga guru tidak harus bingung ketika turun hujan, karena guru sudah mempersiapkan materi tersendiri untuk diajarkan dalam kelas; (2) Kepada sekolah lain, untuk meningkatkan kreativitas siswa hendaknya guru sekolah lain lebih sering menggunakan metode pembelajaran dengan model outbound karena lebih meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar maupun kehidupan sosialnya.Pembelajaran dengan model outbound juga lebih disukai oleh siswa, karena dianggap tidak membosankan dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Outbound, Kemandirian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 15:37
Last Modified: 01 Nov 2013 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18544

Actions (login required)

View Item View Item