PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN GAS ELPIJI 3 KG DI KOTA SEMARANG (STUDI KESADARAN HUKUM PADA KONSUMEN AKAN HAK–HAKNYA)

Aditya Restu Prabowo, 8111 409 137 (2013) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN GAS ELPIJI 3 KG DI KOTA SEMARANG (STUDI KESADARAN HUKUM PADA KONSUMEN AKAN HAK–HAKNYA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN GAS ELPIJI 3 KG DI KOTA SEMARANG (STUDI KESADARAN HUKUM PADA KONSUMEN AKAN HAK–HAKNYA))
Download (7Mb)

    Abstract

    Berawal dari kebijakan konversi minyak tanah ke elpiji dari pemerintah, konsumen mulai menunjukkan kepasifannya terhadap hak-haknya. Terbukti dengan tidak adanya aduan yang masuk ke LP2K Semarang sejak pertengahan 2008. Konsumen gas elpiji 3 kg di Kota Semarang sering acuh tak acuh terhadap permasalahan yang dialaminya saat menggunakan tabung gas elpiji 3 kg. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Kesadaran hukum masyarakat Kota Semarang sebagai konsumen gas elpiji 3 kg tentang hak-haknya sebagai konsumen, 2) Kendala dalam perwujudan kesadaran hukum masyarakat Kota Semarang akan hak-haknya sebagai konsumen gas elpiji 3 kg, 3) Upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sadar hukum di Kota Semarang tentang hak-haknya sebagai konsumen gas elpiji 3 kg. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesadaran hukum, kendala dan upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sadar hukum di Kota Semarang tentang hak-haknya sebagai konsumen gas elpiji 3 kg. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan metode studi lapangan. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi data sebagai cara untuk pemeriksaan keabsahan data. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa : 1) Kesadaran Hukum masyarakat Kota Semarang masih rendah, 2) Kendala yang ditemukan adalah rendahnya pendidikan dan pengetahuan konsumen tentang hak-haknya sebagai konsumen, konsumen masih belum peduli dan sadar akan hak-hak konsumen, 3) upaya perwujudannya adalah memberikan sosialisasi mengenai seluk beluk elpiji 3 kg serta hak-hak konsumen yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Saran yang penulis berikan sesuai hasil penelitian adalah PT. Pertamina (Persero) bersama Pemerintah Kota Semarang mengadakan pemberdayaan konsumen dan simulasi penanggulangan bahaya gas elpiji 3 kg, dan PT. Pertamina (Persero) mencantumkan petunjuk pemakaian dan safety tips di tabung gas elpiji 3 kg.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesadaran Hukum, Perlindungan Hukum, Konsumen Elpiji 3 kg
    Subjects: K Law > KZ Law of Nations
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: sunarti perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 11:35
    Last Modified: 19 May 2014 11:35

    Actions (login required)

    View Item