PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 30 SEMARANG


ARIEF TRI WIBOWO, 3401406017 (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 30 SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PENDIDIKAN NILAI KEBANGSAAN MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 30 SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Derasnya arus globalisasi menyebabkan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan pada bangsa Indonesia. Anak-anak lebih menyukai dan bangga terhadap budaya asing daripada budaya negaranya sendiri. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya penghayatan siswa ketika upacara bendera, banyak sekali siswa yang tidak hafal lagu-lagu nasional maupun lagu daerah, tidak mengetahui pahlawan-pahlawan nasional, bahkan juga banyak siswa yang tidak hafal sila-sila Pancasila. Padahal, pendidikan nilai kebangsaan harus tetap ditanamkan kepada generasi muda dalam rangka eksistensi negara Indonesia itu sendiri. Mencermati hal itu, perlu pengutamaan pendidikan nilai kebangsaan bagi setiap individu. Pendidikan di sekola hmengah pertama mempunyai peranan yang sangat vital dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan sejak dini. Penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penanaman nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang, (2) nilai kebangsaan apa sajakah yang ditanamkan kepada siswa melalui kegiatan kepramukaan di SMP30 Semarang (3) faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan nilai kebangsan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang, mengetahui nilai kebangsaan apa sajakah yang ditanamkan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang, mendiskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan di SMP 30 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 30 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah Pembina Pramuka, Kepala Sekolah, dan anggota Pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Validitas data yang digunaka nadalah teknik trianggulasi data. Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang dilaksanakan melalui penanaman kesadaran berbangsa dan bernegara, kecintaan terhadap tanah air, keyakinan pada Pancasila, kerelaan berkorban untuk bangsa dan Negara serta kemampuan awal bela negara. Nilai-nilai yang dikembangkan yaitu nilai religius, cinta tana hair, kedisiplinan, tanggung jawab, semangat kebangsaan, kreativitas, peduli lingkungan, kerja sama dan keberanian. Sedangkan cara yang dilakukan melalui keteladanan, penegakan kedisiplinan, penugasan, pembiasaan, ceramah dan permainan edukatif. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan kegiatan kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang meliputi sarana prasarana yang menunjang, dimasukkannnya pendidikan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib, kualitas pembina serta adanya dukungan dari keluarga. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatna kepramukaan di SMP Negeri 30 Semarang terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan yang timbul dari faktor internal antara lain rasa kelelahan anak-anak karena banyaknya tugas dari sekolah, terbatasnya dana kegiatan untuk mengembangkan pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan. Sedangkan hambatan dari faktor eksternal yaitu perbedaan lingkungan berkarakter antara lingkungan sekolah dengan lingkungan masyarakat sekitar. Saran yang dikemukakan penulis antara lain : (1) bagi pembina Pramuka supaya mengembangkan permainan edukatif dalam pelaksanaan pendidikan nilai kebangsaan melalui kegiatan kepramukaan sehingga anak-anak dapat dengan mudah memahami nilai-nilai kebangsaan tersebut. (2) bagi sekolah perlu mengadakan semacam pelatihan atau training secara intensif terkait dengan penginteragrasian pendidikan, nilai kebangsaan kedalam kegiatan kepramukaan, (3) bagi orang tua harus ikut serta memberikan sumbangan sukarela dari orang tua/wali yang mampu sehingga pembiayaan kegiatan kepramukaan tidak bertumpu dari dana BOS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai Kebangsaan, Kegiatan Kepramukaan.
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 15:33
Last Modified: 01 Nov 2013 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18540

Actions (login required)

View Item View Item